Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan
Foto bersama Ketua MPR-RI dengan Rektor dan Civitas Akademi UIS Sumatera Utara

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FIS UIN SU) sosialisasikan empat pilar MPR RI, Kamis (23/3) di Lt.2 Aula UIN SU, jalan William Iskandar, Medan Sumatera Utara.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini menjelaskan makna dan penerapan dari Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Sebagai Bentuk Negara, Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara.

Dalam acara yang diikuti 600 lebih mahasiawa UIN SU itu turut dihadiri Ketua MPR RI Dr.(HC).Zulkifli Hasan.,SE.,MM, Rektor UIN SU Prof.Dr.Saidurrahman.,M.Ag, Dekan FIS Prof. Dr. Ahmad Qorib.,MA, Unsur Fungsionaris FIS serta dosen FIS.

Rektor UIN SU Prof.Dr.Saidurrahman.,M.Ag dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih atas kehadiran Ketua MPR RI di UIN Sumatera Utara dan berharap dengan kehadiran Zulkifli Hasan di kampus yang ia pimpin saat ini dapat menunjang nilai-nilai akademik dan meningkatkan semangat berbangsa dan bernegara mahasiswa dan juga para dosen UIN SU.

“Ungkapan terima kasih saya kepada bapak ketua MPR RI yang hadir di kampus kami tercinta ini. Semoga dengan kehadiran beliau dan penyampaian materi beliau mengenai empat pilar MPR RI ini dapat kita jadikan momentum yang dapat memotivasi kita untuk lebih semangat dalam membangun bangsa,”ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan Saidurrahman, Dekan FIS UIN SU Prof. Dr. Ahmad Qorib.,MA, dalam sambutannya juga berharap dengan hadiranya Ketua MPR RI di UIN SU saat ini semoga dapat memberikan semangat belajar dan juga dapat menguatkan kembali nilai-nilai pancasila yang sudah mulai terkikis pada tubuh masyarakat Indonesia.

Sementara itu Zulkifli Hasan dalam paparan materinya menyampaikan bahwa ketika masyarakat Indonesia dapat memaknai dan menerapkan empat pilar MPR RI dalam kehidupan maka peran negara untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan dapat tercapai.

“Empat pilar MPR RI (Kebangsaan) ini ketika kita mampu untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maka akan aman, tentram, damai dan tidak akan ada lagi yang namanya kesenjangan sosial, sebab semua itu sudah diatur didalam empat pilar ini,”jelas Zulkifli.