Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, SDN Karang Dukuh Gelar ‘Festival Kitiran 2024’

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Mudanews.com, Klaten – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran siswa sekaligus SDN Karang Dukuh Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) didukung berbagai mitra mengelar ‘Festival Kitiran’ 2024 yang akan diselenggarakan di Lapangan Desa Karang Dukuh, Sabtu (03/2/2024).

Kegiatan yang bertema ‘Ayo Belajar Sambil Bermain’ ini akan dikuti ratusan peserta dari kalangan anak-anak berbagai tingkatan usia. Rangkaian kegiatan berupa Kirab Kitiran, Lomba Kitiran, Pameran Kitiran dan Pembagian Hadiah Lomba Kitiran serta Ekspose Inspiratif Belajar Sains tentang ‘Kitiran’. Kegiatan perdana ini didukung berbagai instansi pemerintah maupun swasta, lembaga dunia usaha dan perbankan.

Ani Widyastuti selaku Kepala SDN Karang Dukuh menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini sebenarnya selain untuk upaya meningkatkan kualitas pembelajaran siswa tentang ilmu pengetahuan atau sains dengan alat bermain anak sehari-hari juga dimaksudkan untuk ikut melestarikan kearifan lokal tradisi tani masyarakat pedesaan. Masa lalu, alat tersebut biasa digunakan petani untuk mengusir hama khususnya burung,” ungkapnya.

“Jadi, kita perkenalkan lagi kepada siswa dan masyarakat tentang ‘Kitiran’ yang seiring waktu semakin langka ditemukan. Kita kembangkan menjadi alat pembelajaran untuk proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu, memperkenalkan kembali kepada masyarakat khususnya petani untuk membantu produksi tani mereka,” terang Ani panggilan akrabnya saat ditemui di kantornya SDN Karang Dukuh.
Lebih lanjut dikatakan Ani, “Usaha tersebut tentu saja tidaklah mudah. Untuk itu, pihaknya berterima kasih kepada pihak terkait dan mitra yang telah mendukung dan membantu berbagai hal demi berlangsungnya kegiatan ini. Terima kasih UP45, Pemerintah Desa Karang Dukuh, Bank Klaten, Rumah Pemotongan Ayam (RPA) ‘Sayap Emas’, Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) Garda Total Security,” ucapnya.

“Masih ada dari Kantor Pos Klaten, Hotel Srikandi, dan Royal Residen serta Rumah Makan Bebek Goreng Ny. Suwarni. Selain itu, diucapkan terima kasih kepada segenap guru SDN Karang Dukuh dan orang tua siswa serta masyarakat umum yang dengan penuh semangat dan dedikasi berperan serta dalam rangkaian kegiatan ini,” tambahnya.

Ani juga berharap, “Ke depan, semoga kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang lebih baik lagi dan masyarakat umum dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan tersebut,” harap Ani yang juga salah satu Guru Pamong di Program Pendidikan Sertifikasi Guru (PPG) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini.

Sementara Trisno Fallo, SHut MSc, salah satu Dosen Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UP45 menyampaikan apresiasinya atas acara tersebut, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ‘Festival Kitiran’ 2024 SDN Karang Dukuh ini. Kegiatan ini sangat inspiratif dan inovatif. Ini sejalan dengan implementasi kebijakan pendidikan merdeka belajar,” ungkap Trisno.

“SDN Karang Dukuh telah nyata mewujudkan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan siswa. Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud nyata juga bahwa SDN Karang Dukuh peduli terhadap masyarakat khususnya berusaha melestarikan kearifan lokal “Kitiran” ini sebagai tradisi tani masyarakat pedesaan kita,” pungkas Trisno.

Penulis : Arifin Eka Pambudi

- Advertisement -

Berita Terkini