Wali Kota dr Susanti Canangkan Program Sekolah Siaga Kependudukan Kepada 14 SMP di Pematang Siantar

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani, SpA. mencanangkan program siaga kependudukan di kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama.

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematang Siantar – Wali Kota dr Susanti Canangkan Program Sekolah Siaga Kependudukan Kepada 14 SMP di Pematang Siantar.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani, SpA. mencanangkan program siaga kependudukan di kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) acara berlangsung diruang serbaguna Bappeda Selasa 26 September 2023.

Dihadapan para guru dan siswa yang hadir, Wali Kota dr Susanti mengatakan, “bahwa Pemko Siantar melalui Dinas Pengendalian Penduduk  dan Keluarga Berencana merupakan lembaga yang mendapat mandat untuk mewujudkan penduduk yang berkualitas  dan seimbang dengan program bangga kencana,” ujarnya.

“Pendidikan kependudukan ditanamkan sejak dini di seluruh Indonesia sehingga siswa memiliki kesadaran untuk kondisi kependudukan dan memiliki sikap bertanggung jawab kepada bangsa dan  negara  untuk mengambil langkah langkah kebijakan. Kepandudukan,” imbuhnya.

Saat ini, Lanjut dr Susanti, kita akan dihadapkan dengan Bonus Demografi, bahwa Indonesia pada tahun 2045 jumlah usia produktif mulai dari 14 Tahun

Sehingga pada tahun 2045 jumlah anak muda lebih 50 persen untuk bonus demografi. Pemerintah berkepentingan untuk membawa pemahaman tentang kependudukan. Ada program siaga kependidikan yang mengintegrasikan kependudukan dan Keluarga berencana. Dimana akan dimasukkan dalam mata pelajaran. Dengan slogan 3 anak cukup 2 lebih baik untuk diberikan pemahaman kepada orangtua.

Dalam penanganan stunting kita bertujuan memiliki anak yang cerdas ini berkaitan dengan regenerasi ini harus kita berikan pengetahuan dan wawasan tentang kependudukan.

“Anak stunting adalah anak yang kekurangan pertumbuhan dalam jangka panjang sehingga kita perlukan pemberian nutrisi dan gizi yang cukup. Kebutuhan gizi Sangat diperlukan anak anak remaja. Upaya dari Pemerintah untuk pemberian vitamin zat besi. Kita harus melahirkan anak yang sehat dan cerdas. Untuk pemberian zat besi kepada remaja,” jelas dr Susanti.

Sebelumnya kepala Dinas PP dan KB Hasudungan Hutajulu, SH melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk Penguatan Siswa Siaga Kependudukan Bagi Pelajar SMP di Kota Pematang Siantar.

“Akan dilakukan perjanjian kerjasama antara Dinas PP dan KB dengan pihak Sekolah. Dimana ini merupakan program Nasional untuk memberikan pengetahuan kepada para pelajar memahami pengetahuan siaga Kependudukan. Sebagai komitmen untuk pemberian penguatan materi pembelajaran. Untuk Pembentukan aplikasi yang baik dan berkualitas pencegahan stunting di Kota Pematang Siantar,” tukasnya.

Acara ditandai dengan penandatanganan kerjasama serta cenderamata berupa Pakaian Peserta yang disematkan Wali Kota dr Susanti kepada para Pelajar.

Hadir dalam acara, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Kadis Pendidikan Rudolf Barmen Manurung, MPd, Para Kepala Sekolah SMP, Guru dan Pelajar. tampil  sebagai narasumber dari Dinas Pendidikan dan SMA Negeri 6 Kota Pematang Siantar.

- Advertisement -

Berita Terkini