Kepala BPIP ke MAN IC Tapsel, Resmikan Program Perilaku Pancasila kepada Pelajar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Tapanuli Selatan – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD menjelaskan pentingnya memahami dan memaknai sejarah kemerdekaan Republik Indonesia yang dipelopori oleh para pemuda yang memiliki perbedaan suku, agama, ras, adat, budaya tetapi mereka memiliki satu tujuan untuk Indonesia merdeka.

Hal itu diungkapkan Yudian saat meresmikan Program Perilaku Pancasila, Deklarasi Pelajar MA/SMA/SMK se- Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) dan Diskusi; Memebentuk Karakter Generasi Muda dengan Kearifan Lokal Menuju Indonesia Maju, di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tapanuli Selatan (MAN IC Tapsel), Sumut, Sabtu, 2 Desember 2023.

Menurut Yudian, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan terbaik dan terhebat sepanjang sejarah peradaban manusia, karena singkat dan tidak berdarah, dibandingkan negara lain.

“Tidak terlepas hari ini, peran pemuda dan pelajar sangat penting dalam peradaban Indonesia yang berkarakter Pancasila,” ujarnya.

Disamping itu, kepala BPIP juga menekankan kepada pelajar untuk dapat menjadi pelajar terpusat seperti perpaduan ibadah wudhu dan sujud dalam salat.

“Tanah air, secara khusus pelajar Muslim, harus menjadi yang pusat atau terdekat dengan sumber air dan tanah sebagaimana berwudu dan sujud dalam shalat,” kata Yudian.

Dalam sambutan Deputi Bidang hubungan antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP RI, Ir Prakoso MM turut menyampaikan terkait pentingnya kegiatan tersebut terhadap pelajar MA/SMA/SMK se Tabagsel.

Sementara Kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Abdul Hakim Siregar SPdI MSi mengungkapkan rasa hormat dan syukur atas kehadiran dari BPIP Republik Indonesia.

“Merasa terhormat atas kunjungan Bapak Kepala BPIP, Deputi, Kabag, dan seluruh tim atas kegiatan Sosialisasi Pancasila di MAN IC Tapsel, pelajar MA/SMA?SMK se-Tabagsel, semoga mereka dan mengamalkan perilaku Pancasila dengan acara ini,” kata Hakim.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Tapsel, Wakil Rektor UIN Syahada Padang Sidempuan. Kakan Kemenag Kabupaten Tapanuli Selatan, Kakan Kemenag Kota Padang Sidempuan, Forkopimda kecamatan Sipirok, Para Kepala Sekolah/Madrasa MA/SMA/SMK se Tabagsel dan Pelajar se- Tabagsel. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini