LPPM USU Bangun Partisipasi Masyarakat Untuk Mengelola Produk Kualitas Gula Aren Semut Guna Membangun Desa Mandiri

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com_Medan – Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) melaksanakan agenda penguatan kelembagaan dan partisipasi masyarakat dalam mengelola produk gula aren berkualitas guna membangun desa yang mandiri di Desa Sumbul, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

Ketua Binaan Desa LPPM USU, Dr. Oding Affandi, S.Hut., MP., menyampaikan pentingnya Partisipasi warga dalam memajukan perekonomian pedesaan melalui desa wisata.

“Partisipasi seluruh warga di butuhkan sebagai hasil dan sekaligus proses yang harus dimiliki oleh masyarakat untuk perubahan kehidupan perekonomian pedesaaan melalui pembangunan desa wisata menjadi hal yang semakin diperlukan, “terang Oding Saat di wawancarai Mudanews.com di Kantor LPPM USU pada Senin Sore, tanggal 4 November 2023.

Lanjut Oding, ia juga menjelaskan tentang program Desa binaan yang sudah melalui tahap dan periode yang sudah berjalan.

“Pada periode ini Desa Rumah Sumbul Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang merupakan Desa Binaan LPPM USU tahun 2023 yang bertajuk “Pengembangan Data Desa Presisi Dalam Mendukung Terwujudnya Pembangunan Desa Berbasis Potensi Sumberdaya Alam dan Peran Masyarakat di Desa Rumah Sumbul“ merupakan program melalui tahap dan periode yang sudah berjalan, “ungkapnya.

“Mulai tanggal 29 November 2023 tim Bidang III Desa Binaan USU melaksanakan pelatihan, pemberian materi dan memberikan alat pengolahan gula aren menjadi gula aren semut. Hal tersebut di berikan kepada pihak masyarakat Desa Rumah Sumbul Sibolangit bersama Pemerintah Desa, kedepannya semoga dapat manfaatkan demi meningkatkan pengasilan dan pendapatan bagi masyarakatnya dalam penguatan serta pemberdayaan masyarakat Ekowisata Desa Rumah Sumbul Sibolangit, “Pungkas Oding.

Senada yang di Sampaikan Dr. Oding Affandi, Dr. Syafrizal Helmi Situmorang SE., M.Si yang ikut mendampingi juga menambahkan.

“Pemberian materi pelatihan Digital Marketing ini perlu di sampaikan kepada masyarakat agar tetap mampu menjaga kualitas produk hasil gula aren ke pasaran, “ujarnya.

“Keilmuan ini diharapkan berguna bagi masyarakat untuk bisa menjaga daya saing dan daya juang dalam menampilkan hasil olahan gula aren menjadi produk – produk yang berkualitas tinggi sehingga mudah di pasarkan ke berbagai daerah di Sumatera Utara dan meluas ke seluruh pelosok negeri, tutup Syafrizal Helmi.

Masyarakat berharap untuk kedepannya desa Rumah Sumbul tetap menjadi Desa Binaan LPPM USU di tahun 2024.

Koordinator Bidang III Desa Binaan LPPM USU, Ismayadi, S.Kep, Ns, M.Kes menenyampaikan.

“Masyarakat Desa Rumah Sumbul tentu sangat memiliki peran penting dalam pembangunan desanya dan bukan hanya sekedar pelengkap saja. Masyarakat merupakan kontributor terpenting dalam mengolah produksi pertanian, ketahanan pangan dan nutrisi. Termasuk juga pengelolaan lahan, sumber daya alam dan ketahanan iklim. Desa Rumah Sumbul ini harus menjadi contoh untuk sebuah perubahan dalam kehidupan perekonomian pedesaaan yang kuat melalui pembangunan desa wisata unggul di Sumatera Utara, “Pungkas Ismayadi.

Dalam waktu yang bersamaan tim Desa Binaan LPPM USU juga memberikan Pendampingan pembentukan kelompok usaha yang akan segera dinotariskan dan melakukan pelatihan manajemen organisasi serta penyuluhan kesehatan bagi tempat produksi yang harus higienis.

Tim Desa Binaan LPPM 2023 ini di pimpin oleh Dr. Oding Affandi, S.Hut., MP selaku Ketua, Koordinator Bidang III, Ismayadi, S.Kep, Ns, M.Kes yang di dampingi oleh Novita Anggraini, S.Hut., M,Sc., Ridhoi Meilona Purba, S. Psi, M. Si.,
Dr. Ir. OK Hasnanda Syahputra, M.Si selanjutnya ada Warjio, Ph.D, Isra Suryati, ST., M.Si,. Yasmin Anggia, S.Si., MT,. Rahmi Utami, ST., MT dan Prof. Dr. Irmawati, dari Psikolog Universitas Sumatera Utara.

- Advertisement -

Berita Terkini