Hadirkan Agenda Spektakuler Dalam ‘Merti Kali’ 2024, Green-CQ Gelar Mancing Berhadiah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Klaten – Dalam rangka peduli lingkungan khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS), Kelompok Green Canyoon Qijilan (GCQ), Desa Kraguman, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten mengelar ‘Merti Kali’ 2024 yang akan diselenggarakan di Kawasan Sungai Guyangan desa setempat, mulai Kamis tanggal 1 hingga 29 Februari 2024.

Acara ini bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pemerintah Desa Kraguman, Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) dan SDN Karang Dukuh Kecamatan Jogonalan.

Rangkaian kegiatannya berupa Sarasehan Sungai tentang Sadar Lingkungan dan Pengembangan Ekowisata Sungai bersama Dosen UP45, Kunjungan & Susur Tubing Sungai bersama siswa TK, Gropyokan Sampah dan Tebar Benih Ikan serta Reboisasi DAS bersama pemangku kepentingan.

Salah satu agenda kegiatan spektakuler yang bertema ‘Gerakan Membangun Kali Bersih atau Gerbang Kasih’ ini akan mengadakan Lomba Mancing Bareng dengan hadiah 1 Unit Sepeda Motor dan 2 Ekor Kambing serta hadiah doorprize menarik lainnya. Lomba mancing ini diharapkan menjadi momentum bagi masyarakat untuk melihat lebih dekat dengan sungai.

“Peserta sekaligus bisa memanfaatkan sebagai kegiatan healing yang riang gembira dengan mancing ber-kwintal-kwintal ikan lele di kali atau sungai yang bersih dan nyaman. Kegiatan lomba diadakan pada Minggu, 11 Februari 2024 di lokasi setempat. Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti lomba tersebut dapat menghubungi Panitia Lomba di line telepon 082315017189,” jelas Agung Dewanto selaku Koordinator Green-CQ.

Lebih lanjut, Agung Dewanto menjelaakan bahwa event ini baru pertama kali diadakan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana. Merti istilah lainya adalah merawat. Jadi, kegiatan ini sebagai upaya untuk merawat lingkungan khususnya DAS. Selain itu, juga dimaksudkan untuk menggali potensi lokal dan pengembangan ekonomi masyarakat,” terang Agung.

“Berbagai kegiatan kita gelar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan serta membuka ruang partisipasi masyarakat dalam mengembangkan potensi lokal,” tambah Agung lagi.

“Sebenarnya berbagai potensi lokal yang ada di masyarakat sekitar sini sangat kaya dan beragam. Selain potensi alam juga ada kuliner, ternak kambing, budaya tradisi, kerajinan dan lain sebagainya. Usaha untuk mengembangkan potensi tersebut tentu saja tidaklah mudah. Untuk itu, perlu kontribusi semua pihak,” tuturnya.

Tidak lupa pihaknya berterima kasih kepada pihak terkait dan mitra yang telah mendukung dan membantu berbagai hal demi berlangsungnya acara ini, “Terima kasih kepada BUMDes dan Pemerintah Desa Kraguman, UP45 dan masyarakat sekitar. Ke depan, semoga kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang lebih baik lagi,” harap Agung yang aktif di berbagai kegiatan sosial ini.

Adapun Trisno Fallo, SHut MSc, salah satu Dosen Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UP45 menyampaikan apresiasinya, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ‘Merti Kali’ 2024 Desa Kraguman ini. Kegiatan ini sangat strategis dan inspiratif. Tantangan masyarakat untuk saling menjaga kelestarian lingkungan khususnya DAS,” tutur Trisno.

“Jangan lagi membuang sampah sembarangan terlebih di sungai. Apalagi Sungai (Guyangan) ini sering digunakan anak-anak untuk berenang dan susur sungai serta tubing. Kegiatan kedepan dapat dikembangkan dengan Perguruan tinggi khususnya UP45 dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkapnya lagi.

Sedangkan Ani Widyastuti selaku mitra pendukung kegiatan menyampaikan terkait pengembangan potensi lokal, “Potensi lokal yang ada di lokasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa tentang ilmu pengetahuan atau sains tentang lingkungan khususnya sungai, penanganan sampah dan budidaya ternak,” jelas Ani.

“Kami juga berharap suatu saat peserta didiknya, siswa SDN Karang Dukuh, bisa belajar banyak tentang potensi lokal di tempat ini,” harap Ani yang juga Kepala SDN Karang Dukuh.

Penulis : Isro Nugroho.

- Advertisement -

Berita Terkini