Musabaqah Fahmill Ulum Al-Syariah ke-III Fakultas Syariah IAIN Langsa, Asah Keilmuan Siswa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – Fakultas Syariah Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar kembali perlombaan Musabaqah Fahmill Ulum Al-Syariah (FUAS-III), Kamis, 29 Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para siswa dalam memahami ilmu-ilmu kesyariahan. Acara ini secara resmi dibuka oleh Nanda Herijal Putra SIP MAP selaku ketua panitia.

Dalam pembukaan acara, Ketua Panitia Nanda Herijal Putra mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digagas oleh Fakultas Syariah dibawah Laboratorium dengan tujuan untuk mensyiarkan ajaran syariat Islam bagi kalangan siswa-siswa, dengan melihat tantangan global yang semakin maju dan sasaran utama yaitu para remaja.

“Maka kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk mengasah pemahaman dan kemampuan para siswa terhadap ajaran Islam,” jelasnya.

Ketua Panitia

Dalam laporan kegiatan, Nanda Herijal Putra menegaskan bahwa perlombaan ini dilakukan selama 2 hari yang diikuti dari berbagai sekolah menengah yang ada di Aceh dan Sumatera Utara.

“Perlombaan ini diikuti oleh 10 Sekolah, antaranya, MAS Al-Muslimun Putri, MAS Al-Muslimun Putra, SMA Muhammadiyah Langsa, SMAN  Unggul Aceh Timur, MAN 1 Langsa, MAS Plus Al-Ulum Medan, Pesantren Ar Raudlatul Hasanah, MA Pesantren Ar Raudlatul Hasanah, SMA Unggul Cut Nyak Dhien, MAN 2 Kota Langsa, MAN 1 Aceh Tamiang, dan MAS Ulumuddin Lhokseumawe,” jelasnya.

Dalam kata sambutan, Dekan Fakultas Syariah Dr Yaser Amri MA menyampaikan bahwa perlombaan ini menjadi salah satu hal yang penting meningkatkan kemampuan siswa-siswa dalam memahami syariat Islam.

“Harapannya semoga perlombaan ini dapat berkontribusi dalam mensyiarkan ilmu-ilmu syariah di kalangan siswa-siswa yang ada di Sumatera,” tuturnya.

Materi yang menjadi tema dalam perlombaan FUAS-III ini meliputi tentang kajian Waris, Hadis Ahkam, Tafsir Ahkam, Ilmu Fiqh, Fiqh Muamalah, dan Kajian Kitab Fathurrahman. Hal ini dinyatakan oleh Budi Juliandi MA, Wadek III Fakultas Syariah IAIN Langsa.

Selanjutnya, Budi Juliandi juga menyatakan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan setiap tahun di Fakultas Syariah dan memungkinkan melibatkan seluruh sekolah yang ada di Sumatera.

Pada babak final, Nanda Herijal Putra juga mengatakan bahwa Juara 1 diraih oleh MA Ulumuddin Lhokseumawe, Juara 2 diperoleh oleh Raudhatul Hasanah Medan, dan Juara 3 ditempati oleh Man 2 Langsa.

Sementara itu, Juara harapan jatuh kepada MA Plus Medan. Panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Ustadz/Ustadzah, peserta, dan semua yang mendukung acara FUAS III ini.

“Harapan dari panitia adalah agar semua peserta FUAS III dapat berpartisipasi kembali dalam acara FUAS IV yang dijadwalkan pada awal tahun 2025. Insya Allah, diharapkan akan ada lebih banyak peserta yang ikut serta dalam acara tersebut,” pungkasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini