IHSG Masih Jalan di Tempat, Rupiah Masih 15 Ribuan, Harga Emas Stabil

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini memang ditutup menguat 0.56% di level 6.718,98. Penguatan IHSG tersebut ditopang oleh banyak sektor seperti enerji, industri, infrastruktur dan transportasi.

“Namun IHSG sendiri bergerak sangat terbatas dalam 3 hari perdagangan terakhir. IHSG hanya mondar-mandir dikisaran 6.630 hingga 6.730 belakangan ini,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utar, Rabu (5/7/2023).

Dia menambahkan IHSG masih belum mampu menunjukan kinerja yang bagus dan pergerakan yang atraktif. Memang sejumlah sentimen penggeraknya belakangan ini tidak begitu mendukung.

“Justru masih diselimuti oleh ketidakpastian ekonomi global yang belum berakhir. Akan tetapi IHSG tertolong oleh data manufaktur tanah air yang meningkat dari 50.3 di bulan Mei, menjadi 52.5 di bulan Juni,” kata Benjamin.

Benjamin mengatakan kenaikan indeks S&P Global Manufacturing PMI mampu menahan IHSG dari tekanan. Terpantau IHSG selama sesi perdagangan belakangan ini kerap ditransaksikan di teritori negatif, namun mampu berbalik menguat di sesi penutupan. Nilai indeks yang diatas 50 tersebut menunjukan bahwa masih terjadi ekspansi pada sektor manufaktur di tanah air.

Dikatakannya, tidak jauh berbeda dengan IHSG, mata uang Rupiah juga ditransaksikan terbatas dalam rentang 15.000 hingga 15.050 per US Dolarnya. Namun pada perdagangan hari ini Rupiah stagnan di level 15.040 per US Dolarnya. Bayang bayang kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS masih menghantui kinerja mata uang rupiah.

“Ketidakpastian yang masih menyelimuti ekonomi AS, terlebih terkait dengan arah kebijakan suku bunga acuannya. Masih menjadi sentimen negatif bagi banyak mata uang di dunia. Dan ketidakpastian yang datang dari Bank Sentral AS tersebut memicu spekulasi ketidakpastian kebijakan yang sama pada Bank Sentral di banyak Negara termasuk Indonesia,” kata Benjamin.

Sementara itu, tambahnya, harga emas di pekan ini juga tidak bergerak kemana mana. Harga emas bergerak dalam rentang $1.920 higga $1.930 per ons troy nya.

“Pada hari ini harga emas ditutup naik di level $1.929 per ons troy. Yang kalau dirupiahkan, harga emas ditransaksikan dikisaran harga 935 ribu per gramnya,” jelas Benjamin. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini