Baitul Mal Laksanakan Pembinaan Bimbingan Umum Gampong

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM hadiri acara pembinaan dan bimbingan imum Gampong se-kota Langsa dalam pengelolaan zakat dan infaq yang dilaksanakan Baitul Mal kota Langsa, di Aula Cakra Donya, Selasa (7/12/2021).

Marzuki Hamid mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Langsa dan seluruh jajaran menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan ini.

Momen ini sebagai bentuk responsif dan aspiratif terhadap upaya kita bersama terkait pengelolaan zakat yang lebih efektif dan efisien. Seperti kita maklumi bersama zakat mempunyai kedudukan sama dengan sholat yaitu diwajibkannya untuk kaum umat muslim melaksanakan ibadah tersebut, ketika sudah cukup syaratnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini pimpinan Baitul Mal Aceh, Dr Abdul Rani Usman MSi, Kepala Baitul Mal kota Langsa, Tgk. Alamsyah Abubakar Din, Kepala Dinas Syariat Islam kota Langsa Aji Asmanuddin, Kakan Kemenag Kota Langsa Salahuddin, Waka Polres Langsa, Kompol Ichsan serta para imum Gampong se-kota Langsa.

Marzuki Hamid menjelaskan zakat mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai ibadah mahdhah fardiyah atau individual untuk mengharmoniskan hubungan kita secara terdekat kepada Allah SWT dan sebagai ibadah muamalah ijtima’iyah atau sosial dalam rangka hubungan secara horisontal sesama manusia. Sehingga, katanya, zakat merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim untuk melaksanakannya dengan dimensi yang sangat luas.

Apalagi dengan kondisi bangsa saat ini yang sedang melawan pandemi Covid-19 serta berbagai bencana alam merupakan momen yang tepat untuk berbagi, pada posisi inilah zakat memiliki potensi yang besar dalam membantu perekonomian umat.

“Tanpa kita sadari potensi zakat di Aceh sangat besar dan dapat mencapai Rp 1,3 triliun demikian juga di Kota Langsa, namun manajemen dan upaya pengumpulan zakat di bumi syariat Islam belum dilaksanakan secara maksimal ada berbagai faktor dan kendala. Namun Insya Allah khusus untuk kota Langsa, kita akan terus berupaya mengatasinya, sehingga potensi zakat yang ada dapat kita garap secara optimal,” jelasnya. (Juli)

- Advertisement -

Berita Terkini