Pentingnya Pendidikan Hukum Bagi Dokter, PDUI Cabang Sumatera Utara MoA dengan Prodi MHKes UNPAB

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Era ini merupakan tantangan tersendiri bagi pada dokter terutama dalam melakukan pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus di masa pandemi ini. Dokter sebagai salah satu garuda terdepan dalam perang melawan Covid-19 ini harus terlindungi secara hukum dalam menjalankan tugasnya. Dalam kondisi seperti ini, adakalanya Dokter harus mengorbankan nyawanya demi melindungi masyarakat dari persebaran pandemi Covid-19.

Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Sumatera Utara dr. Rudi Rahmadsyah Sambas pada acara Vaksinasi Massal yang digelar pada hari Sabtu (16/10/2021) bersama dengan TNI AU di Lanud Soewondo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke- 76 dan Ulang Tahun PDUI ke-13 guna mendukung program pemerintah agar tercapainya herd immunity.

Pentingnya Pendidikan Hukum Bagi Dokter
Ketua PDUI Cabang Sumatera Utara dr. Rudi Rahmadsyah Sambas dan Ketua Prodi MHKes UNPAB Medan Dr. Redyanto Sidi, S.H., M.H (dok istimewa)

Pada kesempatan tersebut Ketua PDUI Sumatera Utara menyampaikan bahwa pentingnya pendidikan hukum bagi dokter.

“Dokter juga harus membekali diri dengan pengetahuan hukum, terutama hukum kesehatan. Untuk itu, kita bersyukur di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan memiliki Program Studi Magister Hukum Kesehatan yang merupakan satu-satunya di luar pulau Jawa, untuk itulah kita hari ini menjalin kerjasama dalam bentuk Memorandum Of Understanding (MoU) dengan UNPAB dan Memorandum Of Agreement (MoA) dengan Prodi MHKes UNPAB serta pada kesempatan ini saya mengajak sejawat semua untuk kuliah di Prodi Magister Hukum Kesehatan UNPAB dan saya sendiri sedang menimba ilmu disini,” kata Rudi Sambas.

Pentingnya Pendidikan Hukum Bagi Dokter
Ketua Prodi MHKes UNPAB Medan Dr. Redyanto Sidi, S.H., M.H

Ketua Program Studi Magister Hukum Kesehatan (Prodi MHKes) Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Dr. Redyanto Sidi, S.H., M.H menyampaikan apresiasi kepada PDUI Cabang Sumatera Utara dengan MoA tersebut.

‘‘Saya melihat kepedulian PDUI Sumatera Utara yang luar biasa pada hari ini yaitu pertama kepedulian kepada masyarakat dengan digelarnya kegiatan Vaksinasi Massal dan kedua kepedulian kepada para anggotanya sehingga hari ini terjalin kerjasama di bidang pendidikan hukum kesehatan dan direspons sangat baik oleh para dokter anggota PDUI,” tambahnya.

“Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi kedua belah pihak. Luar biasa Ketua PDUI Sumut dr. Rudi Rahmadsyah ini dan jajarannya, semoga niat dan amal baik ini di ridhoi Allah SWT, amin ya robbal alamin. Terima kasih juga kita sampaikan kepada Komandan Lanud Soewondo dan jajarannya atas dukungan yang luar biasa pada Vaksinasi Massal ini. Alhamdulilah MHKes UNPAB mendapatkan dihati masyarakat, saat ini perkuliahan sedang berjalan, MHKes UNPAB memiliki jargon: ‘Kesehatan Upayakan, Hukum dan Keadilan Tegakkan,” tutur Redyanto Sidi yang merupakan Direktur LBH Humaniora itu ditemani Dosen Prodi MHKes UNPAB yaitu Dr. dr. Irsyam Risdawati, M.Kes yang juga adalah pengurus PDUI.

Pentingnya Pendidikan Hukum Bagi Dokter
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara drg. Ismail Lubis dan Ketua Prodi MHKes UNPAB Medan Dr. Redyanto Sidi, S.H., M.H

Turut memberikan kata sambutan Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb J.H. Ginting, S.Sos. Acara Vaksinasi Massal ini dihadiri oleh Penasehat PDUI Cabang Sumatera Utara dr. Edy Ardiansyah, Sp.OG(K), M.Ked(OG), dan para undangan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara drg. Ismail Lubis, M.M. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini