MTQ Tanjung Gading Sepi Pengunjung

MTQ, MTQ Batubara, Sunyi
Suasan MTQ Batubara yang nampak lengang sebelum acara penutupan berlangsung.

MUDANEWS.com, Batubara – Sumut | Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Batubara yang digelar selama 5 hari di Lapangan S Kompleks Perumahan PT Inalum Tanjunggading Kecamtan Sei Suka dipertanyakan.

Masalahnya, meski pelaksanaan sudah selesai ditutup Wakil Bupati Batubara H Hary Nugroho SE, Senin malam (24/4) namun antusiasme pengunjung minim.

Hal ini terjadi diduga kurangnya sosialisasi yang dapat menarik pengunjung untuk datang menyaksikan, sehingga syiar islam tidak tampak gemanya di Batubara.

“Bahkan penempatan lokasi di dalam komplek yang memiliki aturan ketat untuk masuk maupun keluar, harus pakai helm dan diperiksa surat -surat, dan ini juga membuat umat Islam enggan datang,”sebut sumber MUDANEWS.com yang tak mau namanya dipublikasikan, Rabu (26/4) di Lima Puluh.

Katanya, ramai saat pawai pembukaan saja, namun ketika pelaksanaan berlangsung hingga malam penutupan dari bangku dibawah tenda untuk tempat duduk VIP saja banyak kosong, sedang bangku pengunjung lebih kosong lagi.

“Ini yang kita sayangkan pada pelaksana. Anggaran besar kok bisa begitu pelaksanaannya,” katanya menimpali.

Kabagsos, H Sari Syam SPd saat dikonfirmasi mengatakan lokasi pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Batubara kali ini atas surat permohonan dari Pemkab Batubara kepada perusahaan. Atas dasar itu perusahaan melalui direktur merealisasikan lokasinya.

“Biasanya kita melaksanakan kegiatan rutin tahunan ini di tiap-tiap kecamatan, namu kali ini dilaksanakan dilokasi di Lapangan Kompleks Perumahan PT Inalum. Karena mereka juga punya Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) sendiri dan khusus,” kata Sari Syam.

Dia juga mengakui kalau antusias masyarakat minim, padahal menurutnya, surat kedinas-dinas sudah dilayangkan untuk pengerahan massa termasuk KUPT Disdik untuk mengerahkan anak sekolah, namun tidak ada terealisasi.

“Ya kita bersukur kegiatan​ sudah selesai dan sukses,”ujarnya.

Menjawab wartawan terkait anggaran yang digelontarkan untuk kegiatan. Sari Syam menegaskan anggaran kegitan ditampung APBD 2017 sebesar Rp 374 juta. Kemudian sumbangan pihak ketiga PT Inalum langsung pada pemenang sebesar Rp. 20 juta. Bank Sumut Cabang Lima Puluh berupa dana tabungan uang pembinaan Rp. 10.600.000.

“Gak ada perusahaan lain, hanya dua saja PT Inalum dan PT Bank Sumut Lima Puluh,” jelasnya. Berita Batubar/MN/Erwin.