Melestarikan Budaya Karo, Averiana Buka Rumah Uis “Ethnic Fashion Gallery”

uis Adat,
Foto : Wahyu, Owner Ethnic Fashion Gallery berfoto bersama usai sesi pembukaan rumah uis etnik karo

MUDANEWS.com, Medan – Sumut l Kain adat tradisional Karo (Uis Adat Karo) merupakan pakaian adat yang digunakan dalam kegiatan budaya suku Karo maupun dalam kehidupan sehari-hari. Uis Karo memiliki warna dan motif yang berhubungan dengan penggunaannya atau dengan pelaksanaan kegiatan budaya.

Pada Kamis (27/4) Rumah Uis “Ethnic Fashion Gallery” resmi dibuka di Jalan Jamin Ginting Kilometer 8.

Owner Rumah Uis, Averiana Br. Barus mengatakan bahwa pembuatan Rumah Uis ini adalah upaya mengembangkan dari yang sudah ada. Averiana juga mengatakan bahwa dengan adanya Rumah Uis ini akan sepadan dengan penghargaan masyarakat karo terhadap kebudayaan karo.

“Saya mengembangkan yang sudah ada, kalau selama ini Uis itu dijual dipajak (pasar) tapi dengan dibuat seperti ini harga Uis yang mahal itu akan sepadan dan memang sepantasnya tempatnya begini,” ujar Averiana.

Averiana juga mengungkapkan bahwa kualitas Uis yang ada dirumah Uis ini jauh lebih baik dibandingkan dengan yang ada ditempat-tempat lain karena pemilihan bahan, warna dan juga motif dapat diarahkan.

Averiana berharap dengan adanya Rumah Uis ini masyarakat dapat hidup dari Rumah Uis ini, lebih percaya diri memakai busana etnic dan dapat diperhitungkan dikain nusantara.

“Karena selama ini tenun Timur, tenun Bali sudah populer, Uis Karo juga harus kita populerkan. Kalau kualitas tenun, tenun Karo itu paling kaya warna dan keindahan. Kualitas ini harus kita existkan dan jangan kita sembunyikan. Kalau bukan kita siapa lagi,”Harap Averiana.

Sementara itu pengunjung sekaligus Dewan Pakar Geopark Caldera Toba, Gagarin Sembiring mengapresiasi dan memberikan sambutan yang baik atas dibukanya rumah Uis ini. Senada juga dengan harapan Averiana, Gagarin Sembiring juga berharap melalui pembukaan Rumah Uis ini, Uis Karo semakin dikenal tidak hanya di Sumatera Utara bahkan ia berharap sampai ke manca negara.

“Kami sambut baik pembukaan rumah Uis ini, mulai dari uis Karo kita harap melalui upaya ini uis Karo makin dikenal tidak hanya di Sumatera Utara bahkan manca negara. Kita sambut baik,” Ujar pria berkaca mata ini. Berita Medan/MN/Wahyu