Kunjungi Kampung Matfa, Kader HMI se-Indonesia Pelajari Kedigdayaan Kampung Matfa di Sektor Pertanian 

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat,- Kader HMI se-Indonesia kunjungi Kampung Matfa untuk mempelajari kedigdayaan kampung Matfa di sektor pertanian, Selasa (08/08/2023).

Tumbuhkan nilai- nilai kasih sayang, Kampung Matfa di Langkat, Sumatera Utara menjadi perkampungan unik dan kampung percontohan di Indonesia.

Kampung Matfa merupakan perkampungan yang berada dalam lingkup RT di Desa Buluh Telang, Kecamatan Padang Tualang, Langkat. Kampung Matfa ini telah berumur lebih kurang selama 11 tahun dengan semangat ekosistem kebersamaan. Prinsip yang senantiasa Kampung Matfa hadirkan yaitu terkait nilai- nilai kasih sayang untuk menciptakan kebahagian bersama. Kampung Matfa ini mengembangkan ekosistem ekonomi kebersamaan dari berbagai sektor, salah satunya pada sektor pertanian.

Kampung Matfa ini membentang seluas 17 hektar dengan beberapa peruntukan lahannya digunakan untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Kampung ini memiliki satu kelompok tani bernama Kelompok Tani Perkasa yang terdiri atas orang tua dan pemuda kampung.

“Pertanian adalah sektor penopang kehidupan masyarakat di sini, sehingga kami telah menyiapkan generasi sesuai minatnya, terutama terkait regenerasi muda di dunia pertaniannya,” ujar Tuan Imam, pimpinan Kampung Matfa.

Salah satu komoditas yang menjadi tumpuan hidup masyarakat dari bidang pertanian ini salah satunya dari sayur- sayuran yang biasa diperuntukkan bersama masyarakat dan di jual ke masyarakat umum.

Hasil keuntungan pada sektor pertanian di Kampung Matfa ini disimpan di Baitul Mal agar bisa menopang ekonomi dan kehidupan masyarakatnya.

Penulis: Peserta LK 3 Badko HMI Sumatera Utara 2023 : Fathan Putra Mardela, Arrizal, Deni Endrayani, Moh. Iqbal, Randi Permana

- Advertisement -

Berita Terkini