Dinas Perpustakaan Tapteng Terus Berupaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat !

Dinas Perpustakaan Tapteng Terus Berupaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat !
Plt Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapanuli Tengah, Bahal Simanjuntak

Laporan: Arjuna

MUDANews.com, Tapteng (Sumut) – Dinas Perpustakaan dan Arsip, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Tapteng, dengan tujuan menjadikan minat baca masyarakat menjadi budaya.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapteng, Bahal Simanjuntak, mengatakan pihaknya terus menerus melakukan sosialisasi peningkatan minat baca melalui sekolah-sekolah hingga sosialisasi ke masyarakat langsung.

“Perpustakaan ini menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dengan kulturnya, salah satu contohnya dibidang pertanian, kelautan, berdagang dan juga tentang dunia pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah bahkan pengetahuan tentang kebudayaan,” kata Bahal, Senin (3/4), saat ditemui dituang kerjanya

Dijelaskannya, pihaknya menyediakan dua model perpustakaan yakni perpustakaan berbasis kertas yang dapat diakses langsung kekantor perpustakaan yang berada di Jalan Ferdinand Lumban Tobing, dan Perpustakaan berbasis digital.

“Kita menyediakan buku-buku seluruh mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah dari tingkat SD hingga Tingkat SMA dan SMK. selain itu juga kita menyediakan komputer dengan akses internet sebanyak 10 unit, yang dapat digunakan oleh masyarakat umum yang berkunjung kekantor perpustakaan,” ucapnya.

Ditambahkannya, masyarakat yang tidak dapat mengunjungi langsung kantor perpustakaan dan arsip Kabupaten Tapanuli Tengah, juga dapat diakses melalui perpustakaan digital yakni, www.pustakatapteng.net yang sudah menyediakan berbagai topik pembelajaran sekolah.

“Contohnya masyarakat yang dari daerah barus ataupun sorkam tidak mungkin kan mereka datang kesini berapa lama waktu yang dijalani mereka, jadi kita buat perpustakaan digital yang bisa langsung diakses oleh masyarakat jauh. di perpustakaan digital itu kita sudah menyediakan koleksi 500 judul mata pelajaran dari tingkat SD hingga tingkat SMA,” jelasnya.

Bahal berharap, dengan adanya perpustakaan di Kabupaten Tapanuli Tengah dapat meningkatkan minat baca di masyarakat. Masyarakat juga dihimbau selalu dapat mengunjungi perpustakaan Tapteng yang selalu dibukan untuk umum dan selalu mengakses pustaka digital milik perpustakaan Kabupaten Tapanuli tengah.

“Kita harap dengan adanya perpustakaan, dapat meningkatkan minat baca ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah,” harapnya.[rd]