Resmi! Piala AFC 2021 Zona ASEAN Batal

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Piala AFC 2021 Zona ASEAN resmi diumumkan batal oleh AFC pada hari Senin (7/7/2021). Bali United dan Persipura Jayapura pun gagal tampil.

“Hari ini AFC mengonfirmasi bahwa semua laga Piala AFC 2021 Zona ASEAN, yang terdiri dari Grup G, H, dan I, hingga babak playoff, ditunda karena situasi pandemi sehingga kesulitan mencari tuan rumah buat laga sentralisasi,” tulis pernyataan AFC.

Kabar ini sekaligus menjadi berita buruk yang kesekian kalinya buat sepakbola Indonesia. Di tengah kompetisi domestik yang tak kunjung dimulai, harapan melihat dua wakil Indonesia, Bali United dan dan Persipura Jayapura, di pentas Asia kini juga urung terlaksana.

Bagi Bali United, malahan ini menjadi kali kedua kali mereka gagal mentas di Piala AFC dalam dua musim berturut-turut. Kiprah mereka di ajang yang sama pada musim 2020 berakhir prematur karena Piala AFC dihentikan di tengah turnamen.

Konfirmasi itu sekaligus menjadi pembaruan informasi mengingat sehari sebelumnya, Selasa (6/7), Sekjen AFC menyebut Piala AFC Zona ASEAN belum resmi dibatalkan. Tapi sejak Senin (5/7) spekulasi memang sudah berhembus terkait nasib ajang ini dan partisipasi Bali United dan Persipura Jayapura di dalamnya.

Sementara itu, pembatalan Piala AFC musim ini hanya berlaku untuk Zona ASEAN saja Empat zona lainnya yakni Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Selatan, tetap digelar.

Sebenarnya Zona Asia Selatan juga punya masalah yang serupa dengan Zona ASEAN, yakni belum menunjuk tuan rumah. Selebihnya, grup-grup dari Zona Asia Barat, Tengah, dan Timur sudah menjalankan fase grup lebih dulu. Beberapa di antaranya bahkan telah menyelesaikan fase grup.

“Sebagai bagian dari Komitmen AFC untuk menyelesaikan Piala AFC 2021 dan sebagaimana disetujui oleh Komite Eksekutif AFC pada 5 Juli 2021, pertandingan dan grup Piala AFC 2021 di seluruh Zona yang tersisa akan terus mempertahankan struktur keseluruhan kompetisi, dengan mempertimbangkan format yang ada serta ketersediaan host terpusat di setiap zona,” begitu pernyataan AFC soal kelanjutan Piala AFC.

“Usaha (AFC) saat ini adalah finalisasi tuan rumah sentralisasi untuk pertandingan Piala AFC Zona Asia Selatan,” lanjut pernyataan AFC.

Sumber : sport.detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini