Mahasiswa KKN UNIPA Maumere Indonesia, Jadikan Tanaman Hidroponik Kegiatan Pamungkas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ende – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nusa Nipa Maumere Indonesia menggelar kegiatan inti dari 9 kegiatan yaitu “Tanaman HIdroponik” yang menjadi kegitan pamungkas selama pengabdian di Desa Loboniki, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende, Rabu (23/06/2021).

Sebeleum melakukan praktek tanaman hidroponik, mahasiswa KKN menjelaskan tata cara dan bahan apa saja yang dibutuhkan serta manfaatnya. Kegitan tersebut diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Loboniki dan kelompok tani.

Dalam kegiatan tanaman hidroponik yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNIPA Maumere Indonesia dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.

Yoseph Alfridus Desandro selaku mahasiswa KKN menjelaskan bahwa hidroponik adalah menanam tanaman tanpa media tanah yang nantinya dapat mempermudah masyarakat dalam bercocok tanam adapun media yang digunakan yaitu sekam padi, sabut kelapa, botol bekas, kain dan air.

“Manfaat dari tanaman hidroponik dapat jauh dari jangkauan hama dan penyakit serta pertumbuhannya sangat cepat dalam proses pembuatannya juga tidak membutuhkan air yang terlalu banyak,” ungkap Yoseph.

Sementara itu, Philipus M Baron mewakili aparatur desa mengucapkan terimaksih banyak kepada mahasiswa KKN di Desa Loboniki.

“Kegitan ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena hidroponik merupakan tanaman yang belum diketahui oleh seluruh masyarakat desa dan ini merupakan tanaman hidroponik yang baru bagi kami sehingga responnya sangat antusias,” kata Philipus.

UNIPA Maumere Indonesia
Mahasiswa KKN Universitas Nusa Nipa Maumere Indonesia menggelar kegiatan praktek Tanaman Hidroponik selama pengabdian di Desa Loboniki, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende.

Hal senada juga di ungkapkan Petronela Filli yang merupakan salah satu masyarakat desa, dia mengatakan dengan adanya tanaman hidroponik sangat membantu kebutuhan dirumah tangga nantinya dan membantu ekonomi di keluarganya.

“Dari pada kami tiap harinya membeli sayur di pasar alangkah baiknya kami mengumpulkan biaya untuk kebutuhan lain karena tanaman hedroponik ini menguntungkan sekali bagi masyarakat Desa Loboniki,” ungkapnya.

“Dengan kedatangan mahasiswa KKN UNIPA Maumere Indonesia di desa kami telah banyak melakukan banyak trobosan baru salah satunya tanaman hidroponik ini, kami akan mengembangkannya demi kebutuhan sehari-hari dan menghemat biaya,” pungkasnya. (Panca)

- Advertisement -

Berita Terkini