Video Mesum Nias, Pengamat Bilang ASN Butuh Pendidikan Moral

ASN, PNS, ASN Nias Utara Mesum
Ilustrasi/PNS Mesum

MUDANEWS.COM, Berita Nias Utara -Sumut. Kasus beredarnya video mesum yang diduga diperankan oleh oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Nias Utara mendapat tanggapan dari pengamat. Apalagi, video itu membuat geger Nias Utara. Bahkan Bupati Nias Utara, Ingati Nazara juga akan melakukan evaluasi terhadap oknum itu apabila memang terlibat.

Salah satu pengamat kebijakan publik dari Universitas Sumatera Utara Dadang Darmawan Pasaribu mengatakan, apa yang dilakukan itu adalah tindakan penyimpangan moral. Apabila memang terbukti yang memerankan adegan di video berdurasi delapan menit itu adalah ASN, pejabat terkait harus segera mengambil tindakan.

“Secara normatif, itu adalah di PNS itu kan ada yang mengatur hukum tentang etika moral. Sebaiknya urusan itu diserahkan terlebih dulu ke aparat penegak hukum,” Kata Dadang saat dikonfirmasi, Selasa (25/04).

Karena, Kata Dadang, hal itu bisa membuat rasa adil juga bisa memberi rasa keadilan di tengah masyarakat.

Apalagi, dalam skala nasional ini adalah kasus yang sudah berulang, maka dengan munculnya kasus ini kembali, pimpinan dari instansi terkait harus mengambil langkah yang lebih bisa menyelesaikan masalah ini.

“Hukum belum tentu bisa menyelesaikan masalah amoral. Makanya harus ada langkah yang lebih sistematis diluar langkah hukum. Harus ada langkah pendekatan secara kultural sebagai penguatan ASN,” katanya.

Karena menurut alumni Fisip USU ini tindakan pencegahanlah yang harus dilakukan. Meskipun ada sangsi hukum yang mengatur ASN.

“Kita tidak bisa mencegah dengan cara menghukum atau dengan mencopot jabatannya. Itu tidak akan menyelesaikan masalah”. Ujarnya

Terlepas dari kasus video mesum itu, berulangnya pelanggaran disebabkan tidak adanya pendidikan moral di kalangan ASN.

“Upaya menanamkan dan menjiwai nilai-nilai moral itu tidak mendapat tempat yang signifikan dalam tubuh ASN. Itu dimanapun terjadi. Bahkan di tingkatan Nasional,” katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Nias Utara digegerkan dengan beredarnya video mesum yang diduga diperankan oleh oknum ASN kabupaten Nias Utara. Dalam video yang bedurasi delapan menit itu menampilkan pria yang diduga berinisial YN tersebut tengah melakukan hubungan badan dengan seorang wanita berambut panjang. Mereka melakukan itu disebuah hotel di daerah Gunung Sitoli. Yang makin parah adalah, pria yang terekam dalam video itu diduga oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Pemkab Nias Utara.

Adegan mesum itu direkam oleh seseorang tanpa diketahui keduanya. Mendengar kabar itu, Bupati anias Utara, Ingati Nazara merasa sangat kaget.

“Saya betul-betul terkejut karena baru pagi ini mendengar informasi itu,” katanya, Selasa (25/04).

Dia pun mengatakan akan melakukan klarifikasi internal untuk memastikan kebenaran video itu. ingati Nazara juga memastikan, apabila video itu benar, maka akan ditindak. Bahkan dia tak segan untuk melakukan pencopotan kepada oknum yang bersangkutan.

“KIta lihat dulu tingkat pelanggarannya, soal pencopotan maka kita lakukan klarifikasi internal,” pungkasnya. Berita Nias Utara/MN/Yogoy