H-1 Ramadan, Harga Cabai Merah Anjlok Menjadi 17 Ribu per Kg

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Harga cabai merah mengalami kenaikan pasokan yang cukup signifikan sehari jelang Ramadan. Kenaikan pasokan tersebut membuat harga cabai merah turun hingga mencapai 17 ribu Per Kg di sekitar kota Medan. Meskipun di sejumlah pedagang lainnya masih ada yang menjual di kisaran 20 hingga 24 ribu per Kg nya.

Hal itu dikatakan Pengamat Ekonomi, Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (22/3/2023).

“Harga cabai merah tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya, dimana variasi harga yang terbentuk di kota Medan itu berada dalam rentang 28 ribu hingga 40 ribu per Kg. Dugaan kenaikan pasokan cabai merah ini lebih dikarenakan banyak pedagang besar dan petani yang tidak melakukan aktifitas ekonomi pada hari pertama Ramadan,” kata Benjamin.

Meski demikian, Benjamin menilai bahwa penurunan harga cabai ini hanya bersifat temporer. Selain cabai merah, cabai rawit juga mengalami penurunan di kisaran 20 ribu per Kg, dan cabai hijau ada di kisaran harga 10 ribu per Kg nya. Sementara untuk jenis bumbu-bumbuan dapur lainnya terpantau stabil. Bawang merah dan bawang putih terpantau tidak berubah dalam rentang 27 hingga 31 ribu per kg.

“Demikian halnya minyak goreng curah yang masih sama di 14 ribu per Kg. Daging ayam di kisaran 28 hingga 30 ribu per Kg, telur ayam di kisaran 26 ribuan per Kg. Dan beras juga tidak banyak mengalami perubahan. Untuk daging sapi sementara harganya memang naik dalam rentang 135 ribu hingga 170 ribu per Kg sejauh ini,” imbuhnya.

Sementara itu, sambung dia, hasil pemantauan dari lapangan. Terjadi peningkatan belanja yang cukup signifikan dibandingkan dengan hari hari sebelumnya. Benjamin menilai hari rabu ini menjadi titik puncak belanja masyarakat sebelum memasuki bulan Ramadan. Dan pada satu Ramadan nantinya belanja masyarakat mulai mengalami penurunan.

“Sehingga diproyeksikan hari senin mendatang belanja masyarakat akan kembali normal. Dan baru akan kembali mengalami kenaikan seminggu menjelang Idul Fitri nantinya. Sejauh ini dari pantauan di lapangan harga berpeluang stabil sampai Idul Fitri nanti. Namun untuk cabai dan sejumlah tanaman hortikultura lainnya masih berpeluang untuk berfluktuasi nantinya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini