Sejumlah Kebutuhan Pangan Bertahan Mahal, Diproyeksikan Bisa Lebih Mahal Jelang Ramadhan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin menjelaskan harga cabai merah yang di awal pekan kemarin ditransaksikan rata rata 35.600 per Kg (PIHPS Kota Medan). Secara konsisten mengalami kenaikan di akhir pekan ini, dimana harga cabai merah saat ini ditransaksikan dalam rentang 41 hingga 44 ribu per Kg nya.

“Memang ada harga cabai yang dijual di kisaran harga 33 ribu per Kg. Namun, dengan kualitas cabai yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kualitas harga cabai 40 ribuan per Kg,” kata Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (11/2/2023).

Sementara itu, lanjutnya, harga cabai rawit juga masih bertahan di kisaran 38 ribu hingga 40 ribu per Kg untuk kualitas bagus. Dan ada varian harga yang sangat berbeda hingga menyentuh 29 ribuan per Kg cabai rawit untuk kualitas yang dibawahnya. Untuk harga bawang merah dan bawang putih juga dalam tren naik dalam dua bulan terakhir.

“Sejauh ini, bawang merah dijual di kisaran 33 ribuan per Kg di kota medan. Akan tetapi pada dasarnya variasi harga bawang merah ada cukup banyak. Dengan varian harga antara 24 hingga 40 ribu per Kg nya. Di pasar saat ini juga tersedia bawang peking yang dijual dikisaran 12 ribu per Kg,” jelas Benjamin.

Namun bawang tersebut memiliki segmentasi pasarnya sendiri. Dan belum sepenuhnya mampu menggantikan kebutuhan bawang merah lokal yang banyak dikonsumsi masyarakat Sumut.

“Di sisi lain bawang putih juga demikian, ada yang dijual dalam rentang 23 ribu hingga 27 ribu per Kg. Namun secara keseluruhan untuk komoditas bawang dan cabai masih dalam tren naik. Untuk komoditas pangan lainnya khususnya sumber protein. Harga daging ayam, telur ayam dan beberapa kebutuhan lain hingga akhir pekan masih bertahan di harga yang sama (mahal),” tambah Benjamin.

Lebih lanjut dijelaskan Benjamin, daging ayam cukup stabil dikisaran 30 ribuan per Kg, meskipun dengan variasi harga (28 hingga 31 ribu). Telur ayam dikisaran 26 ribuan per Kg, hingga daging sapi yang masih stabil di kisaran angka 120 hingga 130 ribu per Kg.

“Minyak goreng dan gula pasir juga masih tidak mengalami perubahan, dan cenderung masih bertahan di kisaran 15 ribu per Kg untuk minyak goreng curah. Serta 14 hingga 15 ribu per Kg untuk harga gula pasir,” jelas Benjamin.

Benjamin menambahkan dengan tren harga kebutuhan pangan yang bertahan mahal tersebut. Saya menilai komoditas pangan berpeluang untuk bertahan mahal dengan kecendrungan naik menjelang Ramadhan nanti.

“Dan seluruh stakeholder terkait harus bisa mengantisipasi kemungkinan tersebut. Karena untuk tanaman hortikultura saya nilai dalam tren naik harganya, seiring dengan musim kemarau yang mulai datang,” ujarnya.

Dikatakan Benjamin, hanya minyak goreng yang sejauh ini memiliki peluang untuk mengalami penurunan. Seiring dengan upaya pemerintah yang terus menambah pasokan dengan pengendalian kebijakan pembatasan ekspor CPO.

“Saya menyarankan agar pemerintah daerah sudah mempertimbangkan kemungkinan kenaikan harga sejumlah kebntuhan pokok saat ini. Kita butuh mitigasi untuk menghindari kemungkinan harga naik jelang perayaan keagamaan besar nanti,” ujar Benjamin. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini