Ahmad Zakiyuddin Dorong UMKM Manfaatkan Marketplace untuk Tingkatkan Pendapatan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kementerian Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 Kabupaten Marangin, Provinsi Jambi menyelenggarakan Webinar Nasional Gerakan National Literasi Digital 2021 Sabtu (4/9/2021) dengan mengambil tema “Kemajuan Teknologi Musibah atau Anugerah?”

Dalam pembukaan kegiatan, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Literasi Digital adalah merupakan kerja besar, dukungan dari semua komponen bangsa sangat dibutuhkan. “Ekonomi digital khususnya mengenai UMKM harus kita perbanyak,” ujar Jokowi.

Hadir menyampaikan paparan strategis, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) Ahmad Zakiyuddin sebagai Narasumber Nasional.

Pembicara yang lain tenaga pendidik Hernang Priyanto. Dosen STIA Setih Setio Muara Bungo Auri Adham Putro Tenaga didik dan pemilik bimbingan belajar rumah cerdas Vita Saepeni, S.Psi. Kegiatan ini diikuti oleh 72 Peserta dari seluruh Indonesia.

Zakiyuddin dalam paparannya menyampaikan pentingnya Marketplace bagi Usaha Kecil Menengah. Memanfaatkan Marketplace dapat meningkatkan jangkauan konsumen. “UMKM dapat lebih mengenalkan produk mereka ke pasar yang lebih luas sehingga mampu meningkatkan pendapatan,” ungkap Zaki.

Zakiyuddin menambahkan, semakin dikenalnya produk dari sebuah UMKM maka secara otomatis konsumen juga semakin bertambah, meningkatkan Perekonomian Daerah dan Nasional. “Perputaran uang yang mengalir antar daerah akan mengurangi kesenjangan sosial dan membentuk ekosistem perekonomian yang merata di seluruh Indonesia,” kata Zaki.

Dalam meningkatkan volume penjualan di marketplace, Zakiyuddin mengungkapkan beberapa strategi yang bisa dilakukan dengan membuat took online di banyak marketplace, menjual dengan harga promo, menanggapi konsumen dengan ramah, memperkenalkan toko online pada konsumen dengan menambah gambar yang menarik dan juga dengan memanfaatkan testimoni dari tokoh. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini