STIT Al-Ittihadiyah Menggelar Diskusi Dosen Bersama FITK UIN-SU Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Labuhanbatu Utara (STIT AILU) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FITK UIN-SU) Medan langsungkan Diskusi Rutin Dosen antara dua kampus yang mengangkat tema “Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (Interaksi Sosial dalam membangun Akhlak)”.

Diskusi berlangsung secara daring pada Jum’at, (14/12/2022) pukul 06.00 WIB s.d 07.00 WIB yang akrab disebut dengan gerakan subuh Ilmiah.

STIT Al-Ittihadiyah
Toni Nasution memaparkan materi (Foto: dok istimewa)

Kegiatan diskusi rutin tersebut diisi Toni Nasution, M.Pd  dan dihadiri oleh dosen STIT AILU dan Dosen FITK UIN-SU Medan dan dipandu oleh Abdul Kholik Munthe, MPsi serta dihadiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd dan Ketua STIT AILU Dr. Mursal Aziz, MPd.I.

Pada pemaparan materi Narasumber menjelaskan dengan singkat pada dan tepat konsep yang sangat mendasar pada kajian sosial yakni interaksi sosial dalam membangun akhlak/karakter bahwa interaksi sosial tersebut merupakan hubungan timbal balik, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

Kemudian, lanjut Toni Nasution, sangat ditegaskan bahwa interaksi sosial merupakan kunci dari segala kehidupan sosial yang mana bahwa interaksi sosial merupakan dasar proses sosial. Pemateri juga menyinggung ayat Al-qur’an yang berhubungan dengan interaksi yakni Q.S. Al-Hujurat ayat 13 yang artinya: ”Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa dia antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal“.

STIT Al-Ittihadiyah
Pembina Yayasan Pendidikan Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd dan Ketua STIT AILU Dr. Mursal Aziz, MPd.I. dan Pemateri Toni Nasution MP.d (dok istimewa)

“Sejalan dengan pembahasan tersebut dilanjutkan dengan kajian konsep trilogi ajaran Islam yang menjadi pondasi ajaran Islam yakni, Aqidah, Syariah dan Akhlak. Sehingga dalam ajaran islam membangun akhlak ada beberapa akhlak yang harus di jaga dan dikembangkan dalam segala aspek kehidupan, seperti akhlak kepada Allah, Akhlak Kepada Rasulullah, Akhlak Kepada Kitabullah, Akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada orang tua, akhlak suami-istri, Akhlak kepada tetangga, akhlak kepada sesame muslim, akhlak dalam pertemuan, akhlak kepada tanaman/binatang, akhlak ketika makan, dan akhlak ketika dijalan,” papar Toni.

Kegiatan Diskusi Dosen ini menjadi wadah pengkajian akademik berbagai masalah sehingga memunculkan berbagai solusi dan formula, dengan harapan STIT AILU dan FITK UIN-SU menjadi Fakultas dan kampus yang peka terhadap berbagai isu-isu pendidikan yang tengah terjadi di masyarakat.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini