PDI Perjuangan Sumut Laksanakan Sekolah Politik Sekretaris dan Kesekretariatan

PDI Perjuangan Sumut
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Dr Sutarto MSi, Wakil Sekretaris Ahmad Bima Nusa, Bendahara Meriahta Sitepu

MUDANEWS.COM, Medan – DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan sekolah politik Work Shop Sekretaris dan Kesekretariatan secara virtual pada Kamis (1/4/2021), yang dipusatkan di Aula Bung Karno, kantor DPD PDI Perjuangan Sumut Jalan Jamin Ginting Medan, yang dibuka secara virtual oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut H. Djarot Saiful Hidayat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Dr Sutarto MSi, Wakil Sekretaris Ahmad Bima Nusa, Bendahara Meriahta Sitepu, Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak Meinarty Bangun, Kepala Sekretariat Sartika Purba, Jajaran Sekretriat Novi Masna dan Rina, sedangkan peserta adalah para Sekretaris dan Wakil Sekretaris, Bendahara dan Wakil Bendahara serta Staf Kesekretariatan DPC se Sumut.

Dalam arahannya Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan H Djarot Saiful Hidayat menyampaikan bahwa pelatihan ini ini sangat strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas dan keterampilan para kepala sekretariat dan sekretaris dalam menjalankan fungsi dan tugasnya mengelola partai di daerah masing-masing.

“Sekretariat yang dikomandoi oleh sekretaris dan wakil sekretaris DPD dan DPC partai merupakan jantung aktivitas partai, oleh karena itu sekretariat harus dikelola secara sehat agar partai menjadi kuat,” terang Mantan Gubernur DKI tersebut.

Sasaran atau tujuan yang ingin dicapai dalam workshop ini adalah peningkatan kapasitas kemampuan sekretariat dalam mengelola administrasi dan keuangan serta terbangunnya kekompakan antara tim sekretariat dan unsur-unsur sekretaris dalam menggerakkan roda kegiatan kepartaian.

“Sekretariat harus menjalankan tugas dan fungsinya secara disiplin, untuk mencapai tujuan menang tiga pemilu tiga kali berturut-turut,” pungkas Mantan Walikota blitar yang saat ini duduk sebagai Anggota DPR RI tersebut.

Sementara itu, dalam keterangannya Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Dr Sutarto MSi, mengatakan bahwa pelatihan ini akan dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan dalam rangka untuk penguatan dan keterampilan serta kapasitas personil sekretariat.

“Telah dilaksanakan Pendidikan politik ke sekretariatan dan tata kelola kepartaian, dimana pesertanya adalah jajaran sekretaris DPD dan DPC, kepala sekretariat dan seluruh staf sekretariat DPD perjuangan di Sumatera Utara,yang dibuka oleh ketua DPD PDI Perjuangan Sumut H. Djarot Saiful Hidayat,” ungkap Sutarto.

“Materi pelatihan hari ini terkait dengan tata kelola kepartaian yang saya sampaikan sendiri, kemudian, Materi menyangkut hal-hal teknis terkait sistem mekanisme tata kelola Administrasi disampaikan oleh wakil sekretaris internal Ahmad Bima Nusa yang dibantu oleh Kepala Sekretariat Sartika Purba yang menyampaikan alur dan mekanisme tata cara administrasi perkantoran,” imbuh Politisi Akademisi Lulusan progam Doktoral UIN-SU tersebut.

Sutarto melanjutkan bahwa materi terkait tata cara dan juga format pelaporan keuangan partai disampaikan oleh bendahara DPD Partai dr. Meriahta Sitepu yang dibantu Rina.

“Dalam kegiatan tersebut kami juga menyampaikan kepada seluruh sekretaris dan juga sekretariat agar terus melakukan peningkatan kapasitas terutama soal IT karena setiap kader harus melek IT mengingat kita telah masuk ke Digitalisasi,” imbuh Ketua Prodi Ilmu Politik Pasca Sarjana Universitas Darma Agung tersebut.

Terakhir Pengajar Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara tersebut menyampaikan bahwa PDI Perjuangan sumut akan terus berbenah, karena tantangan kedepan yang semakin sulit.

“Dari banyak lembaga survei telah menempatkan PDI Perjuangan unggul dari partai lain, namun pesan dari Ketua DPD, seluruh seluruh struktur partai tidak boleh lengah tetap harus bekerja dengan turun ke bawah agar PDI Perjuangan tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan mampu menjadi partai pelopor,” pungkasnya. (red)