Alasan Memilih Maf’ul Taufiq: Sosok Pengayom, Pemimpin Bijaksana

Maf’ul Taufiq
Maf’ul Taufiq

MUDANEWS.COM – Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Medan akan diselenggarakan pada 9-10 April 2021 mendatang. Segala persiapan telah dilakukan mulai dari persiapan tempat dan rangkaian acara yang akan dilaksanakan demi mensukseskan Musda KAHMI VI Medan.

Agenda terpenting dalam Musda ini adalah melakukan regenerasi kepemimpinan untuk melanjutkan estafet perjuangan KAHMI dalam merealisasikan visi himpunan. Alumni yang dihasilkan oleh perkaderan HMI idealnya memiliki kualifikasi Insan Cita dan berperan aktif dalam mengaktualisasikan tanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT di bumi Indonesia.

HMI di Hati KAHMI dalam Jiwa

Alumni HMI yang pernah berproses di Alimbas sangat antusias dalam menentukan pilihan nahkoda KAHMI Medan periode 2021-2026. Musda VI ini hadir seorang insan cita HMI yang masuk ke gelanggang perhelatan pemilihan pucuk kepemimpinan.

Sosok pengayom nan bijaksana yang selalu hadir dalam merawat himpunan agar senantiasa selalu pada garis perjuangan dalam mengawal kepentingan umat dan bangsa, beliau adalah Maf’ul Taufiq. Sosok alumni ini memang tak pernah ikut dalam kontestasi perpolitikan KAHMI sejak memilih fokus pada dunia professional pasca berproses di HMI.

Namun beliau selalu hadir dalam setiap acara dan kegiatan-kegiatan HMI dan KAHMI. Beliau sangat dekat dengan lintas generasi khususnya generasi x dan milenial HMI terutama di keluarga besar Komisariat Ekonomi USU. Sepak terjang beliau selama berproses di HMI bisa dibilang brilian, Mulai dari tingkatan Komisariat hingga Badko pernah dilaluinya.

Beliau juga saksi sejarah dan ikut dalam perjuangan reformasi pada masa itu. Asam garam dalam berhimpun sudah dirasakannya, beliau selalu ikut dalam menjaga HMI agar selalu pada garis khittah perjuangannya.

Berguyub, Berdaya, Berguna

Maf’ul Taufiq keluar dari kawah candradimukanya untuk siap maju menjadi Ketua Umum KAHMI Medan periode 2021-2026 dengan Mengusung Tagline Berguyub, Berdaya, Berguna yang menjadi visi besar dalam membawa KAHMI menjadi lokomotif perubahan masyarakat kota medan. Berguyub, pertemuan fisik melalui silaturahmi demi memperkuat ukhuwah dan hubungan harmonis antara kader dan alumni HMI.

Perkaderan adalah jembatan yang menghubungkan antara kader dan alumni HMI. Harmonisasi merupakan kunci agar bisa berjalan bersama dalam mewujudkan mission HMI. Berdaya, merupakan pertemuan hati, dan jiwa dalam melahirkan semangat bersama, mengeluarkan energi yang memunculkan kekuatan untuk harmonisasi.

Era globalisasi saat ini memaksa KAHMI harus lebih responsif dalam mendayagunakan seluruh kekuatan yang ada. Kekuatan stakeholder HMI yang sudah duduk pada posisi strategis dapat dimanfaatkan dengan membuat sebuah terobosan gemilang. Salah satunya program “future leader”.

Melalui program beasiswa KAHMI bagi kader-kader HMI yang efeknya langsung dirasakan dan bermanfaat dalam merawat himpunan. Berguna, semangat kolaborasi dalam mengoptimalkan potensi bagi seluruh keluarga besar KAHMI demi terwujudnya sinergitas KAHMI dan HMI. Penyempurnaan data base dan pemetaan potensi harus digalakkan dalam rangka efektifitas peran KAHMI.

Maf’ul Taufiq adalah sosok ideal dalam memimpin KAHMI Medan kedepannya, bagaimana tidak? Seorang insan yang diamanahkan Allah SWT 50 tahun lalu ke dunia Insya Allah senantiasa memegang teguh khittah perjuangan dalam mengemban amanah khalifatullah fil ardh. Sosok pengayom dan bijaksana dalam memimpin KAHMI Medan oleh kacamata kader dan alumni HMI.

Oleh: Taufik Kurniawan (Kader HMI Cabang Medan)