Sah…. Rukka Sombolinggi Sekjen AMAN yang Baru

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan : Yogoy

MUDAnews.com, Medan (Sumut) – Rukka Sombolinggu akhirnya terpilih sebagai Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) periode 2017-2022 mengantikan Abdon Nababan pada periode sebelumnya. Wanita asal Maluku Selatan itu terpilih melalui jalur musyawarah dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) V di Kampong Tanjung Gusta, Medan Helvetia, Medan, Minggu (19/3).

“Setelah kami bermusyawarah, kami mempunyai mimpi yang sama untuk memajukan AMAN dan berjuang untuk masyarakat adat. Karena itu, kami menunjuk dan mempercayai saudara kami, Rukka Sombolinggi sebagai Sekretaris Jenderal AMAN periode 2017-2022”, ujar Mina Setra, yang juga mencalonkan diri sebagai Sekjen AMAN.

Diaqal, Rukka mendapat dukungan dari 19 pengurus daerah. Rukka berhasil melampaui 15 calon lain. Proses pemilihan meliputi beberapa tahap. Di tahap verifikasi berkas, dua orang dinyatakan gagal.

Panitia penjaringan kemudian mengirimkan surat untuk setiap bakal calon. Mereka diminta untuk melengkapi administrasi yang salah satunya tentang pernyataan kesediaan menjadi calon Sekjen.

Sampai batas akhir pengembalian, tercatat ada lima orang yang mengembalikan dan melengkapi seluruh persyaratan. Mereka adalah Simpun Sampurna, Arifin Saleh, Rukka Sombolinggi, Mina Setra dan Eustobio.

Selain memilih Sekjen, forum juga memilih perwakilan masyarakat adat setiap region yang sekaligus menjadi Pengurus Dewan AMAN Nasional. Mereka adalah Hein Namotemo (region Kep. Maluku) selaku Ketua, Abdon Nababan (region Sumatera) selaku Wakil Ketua, Nedine Helene Sulu selaku Sekretaris (region Sulawesi).

Selain itu ada pula Elierti (region Sumatera), Ugis Suganda Amas Putra (region Jawa), Dyah Ayu Puji Prastiwi (region Jawa), Kamardi Arif (region Bali dan Nusa Tenggara), Aleta Baun (region Bali dan Nusa Tenggara), Daniel Toto (region Papua), Ludia Mantasan (region Papua), Jomama Ihalawey (region Kep. Maluku), Mahir Takaka (region Sulawesi), Marli Kamis (region Kalimantan) dan Lusia (region Kalimantan).

Sebelumnya, forum juga menetapkan AMAN Region Papua sebagai tuan rumah KMAN ke 6 pada tahun 2022 dan Sulawesi Utara sebagai tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) AMAN pada 2019.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini