Pemkab Sijunjung Terima Penghargaan Monitoring Centre for Prevention Tertinggi se-Sumatera Barat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, PADANG – Kabupaten Sijunjung mendapat penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan peningkatan skor indeks pencegahan korupsi atau Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi tahun 2022 se Sumatera Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan lansung Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, Dr. Ir. Wawan Wardiana M.T kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir ketika menghadiri pembukaan roadshow bus KPK dan penguatan integritas kepada penyelenggara negara di Auditorium Istana Gubernur Sumatera Barat pada Kamis, 12 Oktober 2023.

MCP atau Monitoring Centre for Prevention, merupakan aplikasi atau dashboard yang dikembangkan oleh KPK untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bupati Benny yang didampingi oleh Inspektur Daerah Kabupaten Sijunjung Wandri Fahrizal, Irban Pengawasan Tertentu Syafyu Afdhal bersyukur atas apa yang telah diraih.

“Alhamdulillah hari ini kita menerima penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan peningkatan skor indeks pencegahan korupsi atau Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi tahun 2022 se Sumatera Barat,” ucapnya.

Atas capaian ini, katanya, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

“Kita akan selalu berkomitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi, dengan cara melakukan deteksi dini terhadap potensi terjadinya praktik tindak pidana korupsi itu sendiri di Sijunjung Ranah Lansek Manih yang kita cintai ini,” tegasnya.

“Semoga penghargaan ini bisa memberikan memotivasi untuk kita, untuk ke depan kita akan aktif turun langsung ke lapangan serta dengan gencar mensosialisasikan dari tingkat kabupaten sampai tingkat nagari,” sambungnya.

“Terus tingkatkan semangat, Sehingga Sijunjung bisa menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” pesannya.

Inspektur Daerah Kabupaten Sijunjung Wandri Fahrizal menjelaskan, Nilai MCP Sijunjung di tahun 2021 sebesar 55,72 persen, meningkat pada tahun 2022 menjadi 86,27 persen.

Pada tahun 2022 Kabupaten Sijunjung mengalami peningkatan MCP sebesar 30.55 persen. Dengan naik nilai MCP sebesar 30.55 persen, yang sebelumnya Sijunjung meraih peringkat 20 dan sekarang peringkat 7.

“Penghargaan ini kita raih atas perjuangan seluruh OPD dalam pemenuhan dokumen data dukung dan implementasi di delapan MCP KPK serta supporting Bupati, Wakil Bupati dan Asisten III,” tutupnya.

- Advertisement -

Berita Terkini