Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Terima Kunjungan Pelajar Smansa Tanjung Tiram

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATU BARA – Sejumlah siswa SMA Negeri 1 (Smansa) Tanjung Tiram mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku pada Senin (15/11/2022).

Kunjungan tersebut diterima oleh Plh Kalapas Labuhan Ruku AS Dongoran , Kasi Binadik Jimri Nababan dan Kepala Urusan Kepegawaian Denny F Sinaga di Ruang Rapat Lapas Labuhan Ruku.

“Semoga kedatangan adik-adik semuanya ke Lapas Labuhan Ruku akan mendapatkan tambah wawasan, tambah pengetahuan, dan yang lebih penting lagi adalah mampu membangun karakter sebagai anak bangsa, sebagai generasi penerus di masa yang akan datang,” kata AS Dongoran

Lebih lanjut, Kasi Binadik Jimri Nababan menjelaskan bahwa Lembaga Pemasyarakatan atau biasa disingkat Lapas adalah tempat untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan di Indonesia. Lembaga Pemasyarakatan merupakan Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“ Lembaga Pemasyarakatan sebagai wadah pembinaan narapidana yang berdasarkan sistem pemasyarakatan berupaya untuk mewujudkan pemidanaan yang integratif yaitu membina dan mengembalikan kesatuan hidup masyarakat yang baik dan berguna. Maka, Lembaga Pemasyarakatan melaksanakan rehabilitasi, reedukasi, resosialisasi dan perlindungan, baik terhadap narapidana maupun masyarakat di dalam sistem pemasyarakatan.

Guru Bidang PKN Yetti Elimiana yang ikut serta mendampingi kunjungan belajar yang diikuti 14 Pelajar SMA Negeri 1 Tanjung Tiram.

Tujuan dari kegiatan kunjungan ke Lapas ini adalah memberikan pembelajaran tentang Instansi Pemerintahan serta pemahaman kepada siswa tentang praktik permasyarakatan di LAPAS, dan memberikan pemahaman kepada siswa tentang kondisi LAPAS secara kontekstual melalui observasi lapangan dan wawancara dengan petugas Lapas dan warga binaannya.

Selanjutnya, seluruh siswa akan membuat laporan mengenai kunjungan tersebut dalam bentuk makalah yang akan menjadi tugas kelompok. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini