Salut! Lapas Labuhan Ruku Gotong Royong Bersihkan Selokan Sekitar, Lihat Nih Hasilnya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATUBARA – Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap warga negara di wilayah tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih mencerminkan kualitas hidup, dan juga menjamin terjaganya kesehatan masing-masing individu.

Begitu juga di Lapas Labuhan Ruku, demi terciptanya lingkungan yang nyaman maka Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku yang dipantau oleh petugas rutin melakukan pembersihan saluran air di area lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku, Batu Bara, Sumatera Utara, Rabu (23/6/2022).

“Kita harus menyadari pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari kita sendiri. Misalnya, rajin menyapu, rajin membersihkan selokan, membuang sampah pada tempatnya, dan masih banyak lagi,” kata Kalapas Kelas II A Labuhan Ruku EP Prayer Manik.

Lanjutnya, Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan karena dengan menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat lainnya, terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara serta lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Lapas Labuhan Ruku Gotong Royong Bersihkan Selokan Sekitar
Sebelum dan dan sesudah dibersihkan

“Saya meminta untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bagaimanapun juga kebersihan lingkungan ini merupakan tanggung-jawab bersama yang harus senantiasa dijaga,” tegas EP Prayer Manik.

Tak hanya itu, menanggapi keluhan masyarakat disekitar EP Prayer Manik membantah limbah dari Lapas yang menyebabkan aroma tak sedap dari selokan Lapas , terlebih selokan diwilayah tersebut dialiri air dari berbagai sumber bukan hanya dari Lapas Labuhan Ruku

“Dalam pengelolaan limbah sampah, kami selalu bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Pemkab Batu Bara,” katanya.

“Sampah dari Lapas Labuhan Ruku rutin setiap pagi diangkut dan tidak mempengaruhi aliran air diselokan. Kemungkinan aliran air di selokan tidak terlalu baik sehingga meninmbulkan bau tak sedap,” sambungnya.

Lapas Labuhan Ruku Gotong Royong Bersihkan Selokan Sekitar
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku yang dipantau oleh petugas rutin melakukan pembersihan saluran air di area lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku, Rabu (23/6/2022).

Kegiatan ini sudah menjadi program Lapas Labuhan Ruku yaitu “SABERKAT” (sabtu bersih bersama masyarakat) sebagai petugas Lapas untuk membina dan membimbing WBP agar tetap terus menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan dengan kegiatan rutin ini dapat menciptakan kondisi lingkungan Lapas yang selalu bersih, asri dan nyaman serta bebas dari penyakit. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini