Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, Manfaatkan Kegiatan Pembinaan SAE

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kanwil Kemenkumham Sumut meninjau langsung kegiatan kerja berupa Budi Daya Ikan Lele dan Ikan Nila pada Kolam Terpal Bundar, Budi Daya Ikan Gurami dan Ikan Mas pada Kolam Konvensional, Budi Daya Tanaman Pepaya tumpang sari dengan Tanaman Cabe dan Terong Boga, Kamis (9/9/2021).

“Ini merupakan program pembinaan dan kegiatan kerja sebagai Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), terutama WBP yg tidak berapa lama lagi akan bebas dan kembali berbaur (integrasi) dengan keluarga dan masyarakat. Dengan bekal pembinaan kemandirian yang diperoleh selama menjalani masa pidana, diharapkan WBP akan menjadi manusia yang aktif dan produktif serta tidak akan mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum,” jelas Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi.

Lapas Kelas IIA Pematangsiantar
Kegiatan Pembinaan SAE

Kalapas berharap dengan kegiatan pembinaan sarana asimilasi dan edukasi ini warga binaan kami mampu mengaplikasi kan kegiatan ini sebagai bekal dalam mencari kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya ketika mereka sudah keluar dan sudah selesai menjalani pidana dan juga mampu diterima kembali di tengah-tengah masyarakat khususnya keluarga.

“Kita juga berterima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam program pembinaan ini baik Kementerian Perikanan, Dinas Perikanan sebagai pihak eksternal maupun jajaran seksi kegiatan kerja sebagai pihak internal,” lanjutnya.

Lapas Kelas IIA Pematangsiantar
Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi melihat langsung WBP yang pangkas

Rudy menambahkan, kegiatan pembinaan ini juga terdapat kegiatan produksi ulos tenun, menjahit, merajut, pangkas, salon di blok wanita, pembuatan roti (bakery), pembuatan miniatur dan bengkel kerja (meubel kayu, dan besi) juga sektor pertanian dengan cara memanfaatkan lahan kosong di seputaran branggang Lapas. (Ardi)

- Advertisement -

Berita Terkini