Menjelang Ramadan, Pengamanan Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut diperketat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATU BARA – Menyambut bulan Suci Ramadhan tahun 1444 H/2023 M, Lapas Labuhan Ruku tingkatkan Deteksi dini serta keamanan dan ketertiban Lapas dengan cara semakin rutin lakukan pengecekan teralis kamar secara berkala dan kontrol keliling disekitar area blok hunian, branggang dan tempat yang dianggap rawan.

Kegiatan ini melibatkan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) yang dipimpin oleh Kepala Kesatuan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II A Labuhan Ruku, Akmalun Ikhsan didampingi Kasubsi Pelaporan, Jumpa Barus, Staf KPLP beserta jajaran petugas pengamanan Lapas Labuhan Ruku

Ka. KPLP, Akmalun Ikhsan menyampaikan kegiatan ini merupakan giat preventif yang dilakukan dalam rangka deteksi dini pengecekan kelayakan sarana dan prasarana keamanan Lapas seperti teralis kamar hunian wbp, gembok dan branggang sekitaran blok Lapas Labuhan Ruku untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dalam rangka menjaga stabilitas keamanan pada Lapas Labuhan Ruku, terlebih suasana akan memasuki bulan Puasa.

“Kami jajaran pengamanan melakukan kegiatan Deteksi dini meliputi , Peningkatan intesitas Kontrol Blok Hunian, Kontrol Keliling Kondisi Fisik Bangunan baik dinding Kamar, teralis besi, dan Brangang setiap Blok,”Ujarnya.

“ Dengan rutinitas pengecekan teralis besi pada kamar hunian, gembok kamar hunian wbp serta beranggang, diharapkan muncul Deterrent Factor (Efek Tangkal), terhadap tindakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam Lapas. Hal tersebut sesuai dengan Arahan Bapak Direktur Jenderal Pemasyarakatan,” Sambung Ka. KPLP, Akmalun Ikhsan.

Kalapas Labuhan Ruku EP Prayer Manik menambahkan “ Gangguan keamanan di dalam kawasan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dapat dipicu dari beberapa hal, salah satunya sarana dan prasarana. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan rutin agar untuk mencegah kemungkinan warga binaan (WB) mencoba melarikan diri.

Dari hasil pemeriksaan lanjut Kalapas, sarana dan prasarana seperti teralis besi, gembok dan branggang dalam keadaan baik dan layak pakai. Pihak Lapas Labuhan Ruku kedepanya akan secara rutin melaksanakan kegiatan seperti ini guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lingkungan Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku.

“Kami berharap deteksi dini ini dapat mencegah timbulnya bencana dan gangguan keamanan,ketertiban, sehinga keadaan Lapas Labuhan Ruku selalu dalam keadaan aman dan kondusif,” Tutupnya. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini