Jelang HUT Kemerdekaan RI ke 78, Lapas Labuhan Ruku Usulkan 1147 WBP Dapat Remisi Umum

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATUBARA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut mengajukan usulan Remisi umum hari Kemerdekaan RI untuk 1147 narapidana, sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia tahun 2023.

Kalapas Labuhan Ruku mengatakan remisi umum yang diajukan terbagi menjadi dua kategori, yaitu remisi umum I dan remisi umum II.

“Remisi Umum I memberikan pengurangan masa hukuman sejumlah bulan tertentu, sedangkan remisi umum II adalah remisi langsung bebas pada hari itu,” papar EP Prayer Manik

EP Prayer Manik merinci, narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi umum diantaranya adalah, remisi satu bulan sebayak 197 narapidana, remisi dua bulan sebayak 178 narapidana, remisi tiga bulan sebayak 458 narapidana, remisi 4 bulan sebanyak 236 narapidana, remisi lima bulan sebayak 64 narapidana dan remisi enam bulan sebayak 14 narapidana.

“Kalau yang diusulkan mendapat remisi umum II sebanyak 38 narapidana, langsung bebas pada hari itu, mereka mendapat potongan masa pidana ada yang satu bulan hingga enam bulan,” jelasnya.

EP Prayer Manik menjelaskan, remisi merupakan pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana.

“ Mereka yang diusulkan merupakan warga binaan yang sudah melalui proses penilaian secara administratif dan substantif serta berkelakuan baik selama menjalani masa hukumannya.

EP Prayer Manik memastikan, pemberian remisi dijalankan melalui integrasi sistem data base pemasyarakatan antara Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Kantor Wilayah, dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk memastikan proses yang terkoordinasi.

“Kami berharap langkah ini akan memberikan kesempatan kedua bagi narapidana untuk memperbaiki diri dan kembali berkontribusi positif bagi masyarakat setelah menjalani hukuman pidana, Bagaimanapun mereka yang berkelakuan baik harus diberikan hak untuk mendapatkan remisi.

“Kedepan saya berharap mereka menyadari bahwa berkelakuan baik di Lapas itu sangat penting dan mengikuti kegiatan pembinaan”Sambung Kalapas. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini