Calo Disdukcapil Ditangkap, Kadis Ngaku Diperiksa Polisi

Calo Disdukcapil Ditangkap, Kadis Ngaku Diperiksa Polisi
Kadis Disdukcapil Kabupaten Batubara Lutfhi Solihin saat Diwawancarai Wartawan diruang kerjanya

Laporan: Erwin
MudaNews.com, Batubara (Sumut) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batubara, Lutfi Solihin mengaku sudah diperiksa penyidik Polsek Lima Puluh terkait tertangkapnya calo pemalsuan dokument.

“Ya. Memang benar pihak Polsek Limapuluh datang untuk meminta keterangan terkait tertangkapnya calo di Disdukcapil ini,”kata Lutfi, saat dikonfimasi wartawan, Kamis (6/4) dikantornya.

Dikatakan, penyidik juga meminta agar pihak dinas dapat menghadirkan saksi – saksi yang menangani langsung kepengurusan KK dan Akte Kelahiran yang nantinya akan dimintai keterangan.”Mau gimana lagi, kitapun enggak mengharapkan hal ini terjadi. Kita akan penuhi permintaan penyidik untuk menghadirkan saksi yang dibutuhkan pihak Polsek besok”,tukas Lutfi.

Kapolsek Lima Puluh, AKP Zulfikar SH melalui Kanit Reskrim Aiptu Wahidin, membenarkan kedatangan pihaknya ke Disdukcapil untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan terkait tertangkapnya oknum calo.

“Kita datang hannya meminta keterangan dari Kadisdukcapil dan tidak ada menyita barang ataupun berkas dari dinas itu. Karena menurut keterangan Kadis bahwa tersangka bukanlah tenaga kerja ataupun PNS di dinas itu”, sebut Wahidin.

Sebelumnya petugas Polsek Lima Puluh dipimpin Kanit Resum Aiptu Wahidin menangkap oknum calo pemalsuan dokumen KK dan Akte Kelahiran, Zulham alias Jul Baret (38) pada Jumat (30/3).Dari tersangka itu petugas menyita sejumlah barang bukti kejahatan pelaku.[rd]