Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (kiri) dan DANREM 023/Kawal Samudera (kanan)

Laporan: Yogoy

MUDANews, Tapanuli Tengah (Sumut) – Jelang kedatangan presiden, 3000 personil gabungan TNI Polri disiagakan di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) Jumat 24 Maret 2017 sampai dengan Sabtu 25 Maret 2017.

Polda Sumut bersama Kodam I Bukit Barisan juga sudah menggelar rapat Koordinasi Akhir Kesiapan Pengamanan Kunker Bapak Presiden RI yang hadir didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Dalam Rakor yang berlangsung di Makorem 023/Kawal Samudera diawali dengan paparan rencana Pengamanan oleh Danrem 023/KS, ttg titik2  rawan dan penempatan personil pada kegiatan Bapak Presiden RI. 300 personel yang diturunkan terdiri dari TNI 1.400 Pasukan dan Polri 1.600 Pasukan,” terang Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting, Kamis (23/03/2017).

Dalam rakor tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengungkapkan, pengamanan unruk orang nomor satu itu harus dilakukan secara ekstra. Karena banyak titik rawan di jalur lokasi kegiatan.

“Penebalan pasukan Brimob dan Sabhara untuk pengamanan jalur. Lalu Penempatan Parkir di lokasi giat, karena terbatas,” kata Rina.

Rina menambahkan, akan ada pengerahan massa untuk menyambut Presiden Jokowi.

“Setelah Rakor, dilanjutkan dengan pengecekan akhir ploting pasukan dan pengamanan di objek-objek yang akan dilalui oleh Presiden RI dan Ibu Hj Iriana Joko Widodo,” ujar Rina.

“Situasi Kamtibmas sampai saat ini menjelang kedatangan Bapak Presiden RI dan Ibu Hj Iriana Joko Widodo beserta Rombongan dalam keadaan aman dan terkendali. Tidak ada ancaman Kamtibmas yang dapat mengganggu kegiatan Kunker RI-1 di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara,” imbuhnya.

Dalam rapat tersebut,  selain Kapolda Sumut selaku Wakil Pangkoops PAM VVIP dan Danrem 023/Kawal Samudera selaku Dansatgas Pamwil juga dihadiri oleh Karo Ops dan PJU Polda Sumut,  kemudian PJU Kodam I/BB, Dandim Tapteng, Kapolres Sibolga dan Kapolres Tapteng.

“Bapak Presiden bersama Ibu Iriana akan menginap di Hotel PIA Pandan, Tapanuli Tengah. Beliau di jadwalkan tiba hari ini, ” tandas Rina.