FKM UIN-SU Gelar Studium Generale

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara (FKM UIN-SU) Medan menggelar studium generale di Aula Kampus II UINSU jalan Williem Iskandar Medan Estate, pada Jumat (8/4/2022).

Studium generale itu dengan tema ”Peran tenaga kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat”. Gelaran kuliah umum ini mengundang langsung pembicara Etti Sudaryati MKM PhD, Wakil Dekan III FKM USU.

FKM UIN-SU
Dekan FKM UIN-SU Medan Prof Dr Syafaruddin MPd (Foto: dok istimewa)

Dekan FKM UIN-SU Medan Prof Dr Syafaruddin MPd mengungkapkan bahwa studium generale ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas atmosfer akademik di FKM UIN SU Medan.

“Kita berharap FKM mampu memenuhi harapan stakeholders melalui program strategis lainnya, baik dalam bidang akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan dukungan sarana dan prasarana. Oleh sebab itu, iklim akademik harus kita kembangkan terus secara bersama-sama antara dosen dan mahasiswa untuk memotivasi munculnya prestasi yang membanggakan, menggelorakan inovasi dan budaya yang kompetitif dalam berbagai capaian kompetensi mahasiswa. Capaian harapan dimaksud akan memberikan kontribusi penting menuju visi Indonesia sehat tahun 2045,” kata Prof Syafaruddin dalam sambutannya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan apt. Wahyudi S.Farm MSi menyampaikan kegiatan stadium general ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester dua FKM UINSU serta dosen dan pegawai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

FKM UIN-SU
Dekan FKM UIN-SU Medan Prof Dr Syafaruddin MPd dan pembicara Etti Sudaryati MKM PhD (dok istimewa)

Etti Sudaryati MKM PhD, dalam paparan materinya menyampaikan bahwa upaya yang dapat dilakukan tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat adalah promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Selain itu, upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat harus didukung dengan tenaga kesehatan kompeten.

“Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan adalah leadership, yakni kemampuan mempengaruhi orang lain agar masyarakat memiliki pengatahun kesehatan dan terjadi perubahan perilaku. Lebih dari itu, kompetensi yang harus dimiliki dan terus dikembangakan sebagai tenaga kesehatan adalah manager, innovator, researcher, apprenticer, communitarian, leadera dan educator,” jelasnya.

Acara yang diikuti oleh mahasiswa semester II FKM UIN-SU ini dipandu oleh Dosen FKM UIN SU Medan, Zuhrina Aida SKep MKes sebagai MC dan Nadia Ulfa Tanjung SKM MKM sebagai moderator. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini