FKM UIN-SU Medan, Selenggarakan Kuliah Pakar Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan menyelenggarakan Kuliah Pakar peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) dengan mengangkat tema Pembiayaan kesehatan sebagai bagian dari sistem kesehatan indonesia dalam mununjang pelayanan Kesehatan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan akademik dalam bidang Administrasi dan Kebijakan Kesehatan secarang virtual pada Selasa (9/11/2021).

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan FKM UIN-SU Medan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaian bahwa Sistem Kesehatan merupakan bagian seluruh kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan Kesehatan masyarakat.

FKM UIN-SU Medan
Narasumber kuliah pakar AKK, Ryan Rachmad Nugraha

Ryan Rachmad Nugraha, narasumber kuliah pakar AKK adalah seorang paktisi kebijakan khususnya dalam bidang pembiayaan Kesehatan bekerja di USAID Health Financing Activity di bawah organisasi ThinkWell LLC., yang merupakan sebuah proyek yang bekerja untuk memperbaiki sistem pembiayaan kesehatan demi menunjang perbaikan kesehatan.

“Dalam Fungsi Pembiayaan Kesehatan yang terdiri dari revenue collecting dimana kita ketahui bersama sumber-sumber pembiayaan Kesehatan di Indonesia bersumber dari APBN yang berasal dari pajak, APBD dan sumber swasta atau donor lainnya, lalu fungsi berikutnya dalam pembiayaan Kesehatan yaitu sistem pooling dimana BPJS sebagai badan penyelenggara JKN dan fungsi terakhir yaitu purchacing dalam pembayaran belanja kesehatan JKN dengan sistem pembayaran kapitasi dengan metode INA-CBG’s yang pembayarannya berdasarkan diagnostic pasien,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, pembayaran belanja yang terus meningkat khususnya dalam penyakit-penyakit katastropik. Sistem Pembiyaan Kesehatan mendukung sistem Kesehatan dalam mewujudkan Universal Health Coverage.

FKM UIN-SU Medan
Tangkapan layar

Kuliah pakar AKK dilakukan secara virtual dengan banyak peserta bergabung sebanyak 300 orang partisipan, yang dimoderatori oleh koordinator peminatan AKK Fitriani Pramita Gurning, SKM., M.Kes. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini