Peringati 1 Muharram 1444 H, FKM UIN-SU Lakukan Penguatan SDM

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) melakukan webinar online penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) pada peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1444 H pada Senin 1 Agustus 2022 melalui zoom dengan menghadirkan Narasumber Dr. Syafruddin Syam, M.Ag yang merupakan Penceramah, Dai dan juga Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumut.

Peringatan kali ini mengangkat tema “Muharram dan Transformasi Kehidupan Muslim Menuju Pribadi Unggul”. Dalam sambutannya, Dekan FKM UIN-SU Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, merayakan tahun baru Islam sebagai bagian dari pengembangan SDM bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan kualitas umat setelah melewati pandemi Covid-19 selama lebih kurang 2 tahun merubah dimensi spritual, sosial dan intelektual yang diharapkan menjadi lebih baik.

1 Muharram 1444 H
FKM UIN-SU melakukan Penguatan SDM melalui Zoom Meeting (Ist)

Narasumber dalam materinya menyampaikan kegiatan ini merupakan refleksi bersama akan pergantian masa yang dalam terminologi islam dikenal istilah ajal (akhir), ad-dahr, waqtu, dan al-‘ashr. Tahun Hijrah sendiri bermula dari penetapan Khalifah Umar ibn al-Khattab yang memutuskan tahun migrasi nabi sebagai awal tahun Tarikh Islam agar supremasi Islam berada pada kehidupan yang progresif, bukan berdasar primordialisme atau sektarianisme.

“Asas hijrah itu ada 4 (empat) yaitu Tauhid, Pengorbanan, Persaudaraan dan Persamaan. Pada asas tauhid berimplikasi bahwa kerja-kerja baik sekali pun kalau tidak disertai niat yang lurus, nilainya di mata Allah SWT tidak akan sempurna. Selain itu, momen hijrah menjadikan setiap diri kita dapat berposisi kaum muhajirin di satu kesemapatan, juga berganti menjadi kamu anshar di kesempatan lain,” paparnya.

1 Muharram 1444 H
Paparan materi melalui slide

Dr. Syafruddin Syam dalam slide akhir materinya menyebut transformasi manusia unggul atau Khoir Ummah dalam dunia kerja dapat diartikan dalam 3 (tiga) hal, yaitu kerja-kerja yang dilakukan sesuai standar kerja (amar ma’ruf), melakukan manajemen risiko (nahi munkar) dan menjaga visi, misi, tujuan dan sasaran (tu’minuna billah).

Kegiatan berjalan lancar selama lebih kurang 2 (dua) jam diikuti dosen dan tenaga kependidikan. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan kemudian ditutup oleh Dekan FKM UIN-SU yang menyampaikan rasa terima kasih kepada Narasumber yang telah mencerahkan, juga kepada tim pengelola diskusi dosen dan peserta yang mengikuti hingga akhir. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini