Dosen FIB USU Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat Medan Amplas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dosen Pengajar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Medan Amplas.

“Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran berita bohong (Hoax) dan tindak ujaran kebencian yang dilakukan oleh pengurus karang taruna Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan,” jelas Ketua pelaksana pengabdian Dr. Zulfan, S.S., M.Hum kepada mudanews.com, Rabu (29/9/2021).

Zulfan menegaskan penebaran berita bohong dan tindak ujaran kebencian merupakan tindak pidana yang akhir-akhir ini sering terjadi dan sangat menjadi sorotan dari berbagai kalangan. Hal itu disebabkan oleh keniscayaan bahwa Republik Indonesia ini adalah sebuah negara demokratis yang sedang berkembang.

“Apalagi Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang masyarakatnya multikultural, dan sangat rentan terhadap ancaman konflik sosial yang disebabkan oleh tindak penebaran berita bohong dan tindak ujaran kebencian,” ujar Ketua Pelaksana Pengabdian.

“Sebagai salah satu Negara yang multikultural, realitas keberagaman itu adalah sebuah potensi yang memiliki dua sisi. Bisa positif maupun negatif, bergantung kepada cara pengelolaannya. Untuk mengelola keberagaman sosio-kultural itu dapat dilakukan dengan menghindari penebaran berita bohong dan tindak ujaran kebencian.

Pencegahan kedua hal tersebut, lanjutnya, dapat dilakukan dengan memanfaatkan strategi membaca kekritisan, dan memanfaatkan sumber daya kesantunan pragmalinguistik dalam setiap tuturan. Oleh sebab itu, secara khusus kegiatan pengabdian ini ditargetkan dapat berkontribusi terhadap pengetahuan dan pemahaman mitra tentang kesadaran berbahasa kritis untuk mencegah terjadinya penebaran berita bohong dan tindak ujaran kebencian.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Sekretariat Karang Taruna Medan Amplas, Jalan Garu II Amplas pada hari Minggu, tanggal 29 Agustus 2021.

Pelaksanaan pengabdian dihadiri oleh :
1. Ketua pelaksana pengabdian: Dr. Zulfan, S.S., M.Hum.
2. Anggota pelaksana pengabdian : Rahamdsyah Rangkuti, M.A., Ph.D.
3. Ketua Karang Taruna Medan Amplas: Haris Muda P. Lubis, S.S., M.Sos.
5. Pengurus Karang Taruna Medan Amplas.

Sementara Ketua Karang Taruna Medan Amplas menyampaikan ucapan terima kasih karena Tim Pengabdian USU telah memilih Karang Taruna Medan Amplas menjadi mitra pengabdian. Dan dirinya senang menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan pengabdian ini.

“Kegiatan ini diharapkannya dapat meningkatkan kemampuan berliterasi warga karang taruna Medan Amplas dalam berbangsa dan bernegara di tengah arus digital yang semakin deras,” ujarnya.

Terakhir, Ia berharap jalinan kolaborasi ini tetap terjaga dan berkelanjutan. (Fahmi)

- Advertisement -

Berita Terkini