Lantik 50 Kader, Bakornas LKMI PB HMI Siap Bersinergi dalam Percepatan Penurunan Stunting

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bogor – Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (Bakornas LKMI PB HMI) mengadakan Latihan Kader Kesehatan Nasional (LK Kes Nasional) dengan tema “Ikhtiar HMI dalam Percepatan Penurunan Stunting”, acara ini di laksanakan di Pusat Pendidikan Latihan BPJS Cisarua Bogor selama 3 hari dari tanggal 28-30 serta melantik 50 kader dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Acara digelar di Pusdiklat BPJS Kesehatan Bogor selama 3 hari, Jumat-Minggu (28-30/7/2023).

Berbagai tokoh nasional hadir sebagai narasumber, seperti Menko PMK Prof Dr Muhadjir Effendy MAP yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto, Kepala BKKBN RI Dr (Hc) dr Hasto Wardoyo SP Og (K) yang diwakili oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Nopian Andusti SE MT.

Selain itu, Kepala BPOM DR Ir Penny Kusumastuti Lukito MCP, Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan DR dr Andi Afdal MBA AAK, Komisaris Utama PT. KIMIA FARMA Tbk Prof Dr dr Fachmi Idris MKes, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emmanuel Melkiades Laka Lena.

Bakornas LKMI PB HMI
Direktur Bakornas LKMI PB HMI, dr Fahmi Dwika Hafiz Triono bersama pengurus dan LK Kes Nasional foto bersama (Foto: istimewa)

Direktur Bakornas LKMI PB HMI, dr Fahmi Dwika Hafiz Triono menerangkan bahwa dengan adanya acara ini Bakornas LKMI PB HMI siap berkolaborasi dengan pemerintah dalam percepatan penurunan stunting.

“Acara ini memang di desain sedemikian rupa agar kader kesehatan yang mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensinya dalam percepatan penurunan stunting,” jelasnya.

“Kompetensi yang diharapkan dari peserta setelah mengikuti pelatihan ini yaitu mampu menganalisa wacana kritis di bidang kesehatan, mampu menganalisa sistem ketahanan kesehatan yang ada di Indonesia, serta mampu untuk mengadvokasi kebijakan kesehatan di tingkat pusat sampai daerah, sehingga setelah kembali ke wilayah masing-masing peserta dapat berkolaborasi dengan pemerintah pusat sampai daerah sesuai instruksi Pak Presiden yaitu gotong royong dalam percepatan penurunan stunting,” tambah dr. Fahmi.

Salah satu peserta dari LKMI Elbar Rosyad Muttaqin menyebutkan bahwa LK Kes Nasional tahun ini menghadirkan pemateri yang sangat ahli pada bidangnya.

“Saya sangat mengapresiasi Bakornas LKMI PB HMI karena telah menyelenggarakan acara yang menghadirkan ruang-ruang diskusi konstruktif sehingga kami para peserta dapat menerima materi dengan baik, harapannya semoga setelah ini para peserta dapat mengimplementasikan ilmu nya dengan baik dan mengimplementasikan ilmu nya di daerah masing-masing,” jelasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini