Lapas Labuhan Ruku Kemenkumham Sumut Sosialisasi dan Screening HIV AIDS ke WBP

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku Tim Kesehatan Lapas Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut bekerja sama dengan Dinkes Pemkab Batu Bara melaksanakan Screening Human Immunodeficiency Virus (HIV)/AIDS bagi Warga Binaan Lapas Labuhan Ruku, Senin (20/06/2022).

Kepala Sub. Seksi Bimkemaswat Lapas, Janter Manurung menyampaikan bahwa kegiatan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 106 (seratus enam) orang Warga Binaan, kegiatan Screening ini secara rutin.

“Kami lakukan dalam rangka mendeteksi akan potensi seseorang terinfeksi HIV di dalam tubuhnya,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa skrining ini perlu dilakukan secara rutin, baik seseorang yang beresiko maupun tidak agar infeksi HIV dapat dideteksi dan ditangani sejak dini sehingga kami dapat melakukan pemetaan sekaligus melakukan pengobatan agar tidak terjadi penularan kepada orang lain.

“Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku akan terus membantu dan berkolaborasi dengan Dinkes Pemerintahan setempat dalam rangka deteksi dini berupa skrining, penyuluhan maupun pencegahan penyakit para Warga Binaan di Lapas Labuhan Ruku,” tambahnya.

Lapas Labuhan Ruku
Lapas Labuhan Ruku melakukan Sosialisasi dan Screening HIV AIDS ke WBP

Sementara itu, EP Prayer Manik selaku Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku menyampaikan apresiasi kepada tim kesehatan Lapas dan ucapan terima kasih kepada Dinkes Pemkab Batu Bara yang selama ini terus membantu Lapas Labuhan Ruku dalam mendukung perawatan kesehatan WBP Lapas Labuhan Ruku.

“Berbagai upaya harus kita lakukan dalam rangka menjaga kesehatan para WBP baik yang dilakukan secara mandiri maupun dengan cara berkolaborasi dengan Instansi terkait termasuk dengan Dinkes Pemkab sebagai salah satu solusinya akan segala keterbatasan yang ada dan tingkatkan terus berbagai upaya deteksi dini kesehatan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan karena Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati,” ujar EP Prayer Manik. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini