Cegah Penyakit PMK, Bhabinkamtibmas Polres Binjai Imbau dan Sambangi Peternak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Binjai – Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Binjai menyambangi sejumlah peternakan sapi, Lembu dan Kambing di desa binaannya masing – masing guna mengimbau para peternak untuk menjaga kebersihan kandang agar hewan ternaknya tidak mudah terkena wabah penyakit, Jumat (13/05/2022).

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting melalui Kasi Humas Polres Binjai IPTU Junaidi mengatakan Bhabinkamtibmas bersama Unit Binmas Polsek jajaran Polres Binjai mengimbau para peternak agar memantau kondisi kesehatan hewan ternaknya dengan lebih teliti.

“Harapannya, para peternak dapat menangkal wabah penyakit mulut dan kuku pada sapi yang saat ini sedang menjangkiti ribuan sapi di wilayah Jawa Timur,” kata IPTU Junaidi.

Penyakit mulut dan kuku (PMK) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Foot Mouth Disease (FMDV) yang menyerang semua jenis hewan berkuku belah.

Dari pemantauan yang dilakukan jajaran Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Binjai, IPTU Junaidi mengatakan tidak ditemukan sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku sampai saat ini.

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” imbuhnya.

“Kami edukasi warga agar selalu menjaga kebersihan kandang, Selain itu tak kalah penting kami ingatkan agar pola makan hewan juga diperhatikan sehingga kesehatan hewan terjaga,” tambahnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini