Prakiraan Cuaca di Sumatera Utara Hingga 25 Juli 2021

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Balai Besar Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memperkirakan cuaca. Adapun prospek cuaca seminggu kedepan Wilayah Sumatera Utara (Sumut) periode 19-25 Juli 2021.

Informasi tersebut dikutip dari instagram @infobmkgsumut, Kamis (22/7).

Bedasarkan monitoring kondisi dinamika atmosfer monsoon Barat Daya (angin baratan) mulai menguat dengan kecepatan berkisar antara 10 – 30 knot. Massa udara yang melewati wilayah Sumut relatif kering dengan nilai kelembapan berkisar 40 – 90 %.

“Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan tidak signifikan sehingga dalam seminggu ke depan wilayah Sumatera diprediksi umumnya cerah berawan. Suhu udara rata-rata di wilayah Sumut diprediksi cukup panas khususnya di wilayah dataran rendah, pantai dan perkotaan dengan suhu berkisar antara 26 – 36 C, wilayah pegunungan dan dataran tinggi berkisar antara 18 – 27 C,” jelas BMKG.

Oleh sebab itu, BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada angin kencang bersifat panas dan kering di wilayah Langkat, Karo, Deli Serdang, Medan, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Padang Lawas Utara.

Selain itu, BMKG menghimbau masyarakat agar dapat bijak dalam penggunaan api yang dapat mengakibatkan kebakaran, hutan, lahan dan pemukiman.

“Masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan agar menjaga kesehatan akibat kondisi yang panas dan kering. Para pengendara berhati-hati terhadap angin kencang yang dapat membahayakan dalam berkendara,” terang BMKG.

BMKG juga menghimbau masyarakat harus tetap waspada dan memantau informasi Kondisi Cuaca yang dikeluarkan BMKG. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini