PMII Langkat-Binjai Himbau Masyarakat Siap Siaga dan Berdoa Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Langkat-Binjai menghimbau dan mengajak masyarakat untuk lebih waspada serta siap siaga terhadap potensi bencana Hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Langkat dan Kota Binjai. Persiapkan diri dan keluarga dengan mulai mengenali resiko di sekitar.

Hal ini disampaikan oleh Ketua PC PMII Langkat-Binjai Riza Ansyari, di Kabupaten Langkat, pada Minggu (19/12/2021).

Riza juga menyampaikan press rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, lan Geofisika (BMKG) pada tanggal 18 Desember 2021 yang sudah diinformasikan BMKG terkait waspada dampak typhoon “rai” di wilayah Sumatera Utara melalui informasi ini diperkirakan dalam waktu kurun 3 hari kedepan dari tanggal 18-21 Desember 2021 dapat mengakibatkan terjadinya bencana Hidrometeorologi (banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi).

“Kesiapsiagaan kita sebagai masyarakat harus kita tingkatkan sehingga kita berdoa kepada Allah SWT. Selalu diberikan keberkahan maupun keselamatan untuk kita semua, mudah-mudahan di negeri bertuah ini Allah lindungi seluruh masyarakat Langkat dan Kota Binjai maupun masyarakat Indonesia,” tuturnya.

PMII Langkat-Binjai
Press Rilis dari BMKG Balai Besar Wilayah Medan

Maka dari itu, PC PMII Langkat-Binjai berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota, agar selalu siap dan tiada henti mengedukasi masyarakat untuk mengantisipasi sejak dini jika terjadi bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Langkat dan Kota Binjai.

“Sehingga nantinya Pemda, Kabupaten/Kota dan masyarakat serta elemen yang lain dapat berkoordinasi serta komunikasi dengan baik dan maksimal jika sewaktu-waktu bencana itu terjadi khususnya di wilayah Kabupaten Langkat dan Kota Binjai,” ujarnya.

Sebagai umat Muslim, sambung Riza, kita selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT melalui doa untuk terhindar dari bencana dan musibah.

Bahkan dalam sebuah riwayat hadits Bukhari, sebutnya, Rasulullah SAW mengamanatkan kepada manusia untuk senantiasa berlindung kepada Allah SWT. Yang Artinya: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari).

Para ulama juga menyarankan bagi umat Muslim untuk membaca doa berikut ini agar senantiasa diberikan keselamatan.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma innii a’uudzubika min zawaali ni’matika, watahawwuli ‘aafiyatika, wafaj-ati niqmatika, wajamii’i sakhotika.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu”. (HR.Muslim)

“Semoga Allah SWT melindungi kita semua dan selamatkan kita dari marabahaya, Aamiin,” tutup Riza Ansyari.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini