Pengurus Cabang Dianggap Lari dari Tanggung Jawab, Aktivis HMI Pamekasan Kritik Molornya Konfercab

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pamekasan – Konferensi Cabang (Konfercab) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan gelar Konfercab yang dimulai sejak dari Opening tanggal 27 Juni 2021.

Meski Konfercab dibawah Ketua Umum Ahmad Hokim melebihi batas ketentuan regulasi waktu sebagaimana Hasil Konstitusi terbaru di Ambon kemaren yaitu pasal 15 ayat 4 dengan bunyi “Konfercab/Muscab diselenggarakan satu kali dalam setahun”.

Sementara Ahmad Hokim dilantik menjadi Ketua Umum sejak 7 Juli 2018. Sehingga kurang lebih 3 tahun hingga sekarang baru terlaksana menggelar acara Konfercab.

Sebab kata Ketua Umum HMI Cabang Pamekasan, Ahmad Hokim, terdapat beberapa alasan terkait molornya Konfercab seperti kendala pandemi dan dualisme PB beberapa waktu lalu dibawah pimpinan Saddam Al-jihad.

“Sebenarnya dari semenjak LK 2 2020 kemaren yang diadakan di Hotel Berlian Pamekasan, kami akan membentuk kepantiaan untuk Konfercab, tapi setelah konsultasi ke PB, diminta untuk dipending dulu karena pandemi yang belum memungkinkan. Apalagi kemaren di internal HMI memiliki hajatan yang luar biasa yaitu Kongres PB,” kata Hokim pada waktu mengawali buka bersama di Bulan Ramadhan (6/05/2021), kemaren.

Meski sekarang telah menggelar acara Konfercab, namun nyatanya dinilai hingga sekarang tidak jelas dan menunjukkan ketidakdsiplinan dalam mempertanggung jawabkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) oleh para pengurus Cabang.

Hal itu sebagaimana dinilai oleh Ketua Umum HMI Komisariat Insan Cita IAIN Madura, Ali Makki mengatakan bahwa hampir 2 bulan konfercab diselenggarakan tapi sampai saat ini masih Pleno 2 dan belum selesai. “Seakan-akan pengurus cabang ingin lari dari tanggung jawabnya dalam menyampaikan LPJ-annya,” kata Ali Makki kepada media ini. Senin, (23/08/2021).

Makki menjelaskan bahwa janji Ketua Umum pada waktu menyampaikan pertanggungjawabannya, menurutnya akan memenuhi permintaan forum yang meminta LPJ-annya itu dilengkapi dengan administrasi dan dokumentasi lengkap. “Tapi kemana sampai saat ini seakan-akan sudah demisioner dan lari dari janjinya sendiri, padahal pleno 2 belom disahkan oleh pimpinan sidang. Ini adalah bukti, bahwa HMI Cabang Pamekasan sudah mati dari dulu,” sesal Makki.

Dijelaskan oleh Makki, Pria asal Sokobanah Kabupaten Sampang itu bahwa panitia Konfercab seakan-akan tidak punya tanggung jawab. “Dalam segala hal yang berkaitan dengan Konfercab sangat amburadul, dimulai dari tidak jelasnya rondown acara, sampai tidak kelihatan batang hidungnya dari panitia konfercab itu sendiri,” ungkap Makki.

Makki juga menyoroti Ketua Panitia, Taufikurrahman yang seakan-akan menurutnya adem ayem melihat situasi Konfercab yang dinilai tidak jelas. “Sekali datang ke forum hanya membawa konsumsi buat peserta Konfercab, itupun karena dikritik oleh peserta Konfercab,” imbuh dia.

Mahasiswa IAIN Madura itu mengaku malu dengan acara Konfercab sekelas HMI yang dinilai tidak dispilin, sebab kata Dia Konfercab hari ini adalah terlucu yang pernah diselenggarakan di Tingkat Cabang. “Saya sebagai peserta seakan males ketika harus adu argumen dengan peserta lain dikarenakan dari pihak Cabang sendiri hanya menganggap seakan-akan Konfercab ini hanya formalitas saja, bukan ajang pertanggungjawaban yang selama ini sudah mereka jalankan, “jelas Dia.

Ia pun berharap nantinya agar siapapun yang terpilih menjadi Ketua Umum HMI Cabang Pamekasan dapat menghasilkan calon pemimpin lebih baik dari sebelumnya. “Semoga lebih baik dari sebelumnya, mampu mengemban amanah dengan baik. Dan juga bisa membawa nama HMI Pamekasan kembali baik, ” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Konfercab,Taufikurrahman saat diwawancari oleh awak media ini mengatakan Konfercab sampai saat ini bukanlah molor tapi dalam proses. “Sudah terlaksana bukan molor sekarang sudah Pleno 2,” kata Taufikurrahman.

Dirinya juga mengatakan bahwa HMI secara intelektual sudah tidak diragukan lagi sehingga dalam momentum Konfercab, kata Dia, sedang adu gagasan untuk melahirkan pemimpin muda yang berkualitas. “Sehingga dapat menghasilkan resolusi baru demi terciptanya pemimpin baru dan harapan baru khususnya HMI Cabang Pamekasan,” ucap Dia. (Hanafi)

- Advertisement -

Berita Terkini