Kunjungi Lapas Anak Kelas I Tanjung Gusta, Menkumham: Kita akan Kuatkan Sistem ‘Peace and Care’

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumhan), Yasonna H Laoly didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwilkumham) Sumatera Utara (Sumut), Ibnu Chuldun mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Jalan Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetiah, Sabtu (18/2).

Kunjungan tersebut dalam rangka, memberikan penghargaan terhadap 18 pejabat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Jajaran Pengamanan di lingkungan Kanwilkumham Sumut.

Selain itu, sehubungan dengan tambahan 3000 blok di Lapas jajaran Kanwilkumham, kunjungan tersebut juga dalam rangka mengarahkan satuan kerja Kemenkumham, guna merestribusi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Karena, saat ini kapasitas Lapas dinilai tidak cukup menampung seluruh WBP yang ada di Sumut.

Yassona juga akan menerapkan sistem ‘reward and punishment’ bagi oknum yang lalai, maupun terbukti melakukan pelanggaran etik dalam bertugas melakukan pengamanan di Lapas atau Rutan.

Pada instansi vertikal itu, Yassona lebih menekankan, untuk menambah jumlah personil pengamanan. Sebab, jika dihitung dari total seluruh WBP yang ditampung dan jumlah personil pengaman dalam satu shift kerja, sangatlah berbanding jauh. Seperti di Lapas Tanjung Gusta, dalam satu shift kerja, jumlah personil hanya berkisar 14 orang, sementara total seluruh WBP mencapai angka 3000.

“Kita akan menguatkan sistem ‘reward and punishment, peace and care’. Dan hukum yang paling berat hari ini untuk narkoba. Ingatkan kepada jajaran saudara, panggil nanti jajaran masing-masing saudara, buat apel siaga, sampaikan nanti apa yang mulut saya sampaikan kepada saudara,” tegas Yassona dalam kesempatannya.

Pantauan di lokasi, Yassona datang dengan mengendarai mobil dinasnya, Toyota Alphard Vellfire (hitam) dengan plat RI 25. Yassona datang bersama iring-iringan Kanwilkumham dan Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini