Gerakan Masyarakat Wirausaha : Mindset Mahasiswa harus Dirubah, Tamat Kuliah Bukan Hanya Cari Kerja

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Peran pemuda sangat sentral dalam pembangunan nasional, termasuk menentukan keberlanjutan pembangunan ekonomi bangsa.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Provinsi Sumatera Utara Dr Junianto Sitorus MPd saat membuka kegiatan Digital Marketing Workshop, di salah satu Cafe, Komplek MMTC Pancing, Deli Serdang, Minggu (9/7/2023).

Menurutnya, membangkitkan semangat wirausaha bagi pemuda khususnya mahasiswa menjadi hal yang penting karena kewirausahaan merupakan salah satu roda penggerak pembangunan ekonomi.

“Jadi, kewirausahaan ini akan mendorong inovasi, dengan berwirausaha kita mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru, sehingga penerimaan negara melalui pajak juga akan meningkat,” papar Junianto.

Junianto berharap melalui pelatihan yang bertemakan ‘Digital Marketing di Era Milenial sebagai Solusi Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pemuda dan Mahasiswa’ ini akan memotivasi pemuda dalam berwirausaha.

“Jadi mindset-nya harus dirubah, tamat (kuliah) bukan hanya fokus cari kerja. Tapi sebelum tamat harus mampu menciptakan lapangan kerja. Apalagi di Era Digitalisasi hari ini tentu peluang dalam pengembangan ekonomi kreatif sangat terbuka,” ujarnya memotivasi peserta workshop.

Junianto juga mengatakan, jumlah wirausahawan di Indonesia masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan negara lain.

“Rasio kewirausahaan Indonesia masih rendah, saat ini berdasarkan data KemenkopUKM hanya 3,47% dari total penduduk. Bandingkan dengan Singapura yang mencapai 8,76%. Sedangkan Malaysia dan Thailand sudah di atas 4,5%. Bahkan di negara maju rata-rata sudah 10-12%,” terangnya.

Oleh Karena itu, sambung Junianto, pelatihan-pelatihan seperti ini harus terus digalakkan dalam memfasilitasi dan memotivasi para milenial.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh DPW Gemawira Provinsi Sumatera Utara itu diikuti puluhan mahasiswa UIN Sumatera Utara dan menghadirkan tiga narasumber yaitu Founder Kitamoto Media Yan Azhar Pane SPd, narasumber kedua Septian Lubis SE yang merupakan Konsultan Branding dan Exclusive Fasilitator Markplud Institute dan yang ketiga adalah seorang Youtuber Alumni Kampung Youtuber Bondowoso, Ahmad Zailani Butarbutar MPd. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini