Dosen Unimerz Berbagi Tips Cara Hindari Cedera Saat Berolahraga

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – MAKASSAR – Sebagai upaya memperluas pemahaman akan keamanan dan kesehatan atlet, Universitas Megarezky selenggarakan sosialisasi khusus yang bertajuk “Penanganan dan Perawatan Cedera dalam Permainan Futsal”, rabu, 13 desember 2023 di SMK Negeri 7, Jalan Ince Nurdin No.35 Kota Makassar.

Acara ini dihadiri oleh siswa/i kelas X RPL SMK Negeri 7 Makassar serta hadir pula Adrianty Rahman S.Kom selaku Ketua Jurusan RPL SMK Negeri 7 Makassar, para peserta dibekali informasi penting terkait pencegahan cedera dan penanganannya secara efektif dalam konteks permainan futsal.

Wahyu Munandar, S.Or., M.Or., selaku dosen pengampu mata kuliah pencegahan dan perawatan cedera menyampaikan materi dan langkah-langkah yang perlu diambil sebelum, selama, dan setelah olahraga futsal guna mengurangi risiko cedera.

“Materi yang dibekali peserta mencakup pemanasan yang tepat, teknik peregangan yang benar, serta penggunaan peralatan pelindung untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan”, ungkap Wahyu.

Selain itu, sambung Wahyu, sesi praktis juga diselenggarakan untuk memperagakan tindakan pertama yang harus dilakukan saat terjadi cedera di lapangan. Hal ini mencakup penanganan sementara hingga bantuan medis profesional tiba, memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara mengatasi situasi darurat dalam olahraga, jelasnya.

Meski demikian para peserta tidak hanya diajari tentang penanganan cedera, tetapi juga diberikan wawasan tentang pentingnya pemulihan yang tepat setelah cedera terjadi. Diskusi tentang rencana pemulihan, rehabilitasi, dan pentingnya konsultasi dengan profesional medis turut menjadi bagian integral dari sesi sosialisasi ini, paparnya.

Sosialisasi ini menjadi langkah positif dari Universitas Megarezky dalam memperhatikan kesehatan atletis para atlet dan menggarisbawahi pentingnya pengetahuan tentang penanganan cedera di lingkungan olahraga, khususnya dalam konteks olahraga futsal yang populer dikalangan masyarakat, pungkasnya.(*)

Laporan : Irfan Burhan (mahasiswa Universitas Mega Rezky)

- Advertisement -

Berita Terkini