Anak Petani Sumut Raih Penghargaan Siswa Trengginas Diktukba Polri

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi beserta Ketua Bhayangkari Daerah Sumut Ny Rita Panca Putra Simanjuntak tiba di SPN Polda Sumut dengan menggunakan kendaraan mobil dinas menghadiri kegiatan upacara penutupan, pelantikan dan pengambilan sumpah Siswa Diktukba Polri Gelombang I Tahun 2023 bertempat di Lapangan Satya Haprabu SPN Hinai Polda Sumut, Desa Sukajadi, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Kamis (6/6/2023).

Kedatangan Irjen Panca disambut oleh Kepala SPN Polda Sumut Kombes Pol Iwan Setiawan SH SIK MHum. Selanjutnya Kapolda Sumut menuju ruangan Ka SPN Polda Sumut sekaligus mengecek Ruangan Presisi dan Sabhara yang didampingi oleh KA SPN Polda Sumut dan Irwasda Polda Sumut.

Dalam upacara tersebut Kapolda Sumut  bertindak sebagai Inspektur Upacara dan AKBP Junaidi SH sebagai Komandan Upacara serta diikuti oleh PJU Polda Sumut, KA SPN Hinai Polda Sumut, Kapolres sejajaran Polda Sumut.

Anak Petani Sumut
Plt Bupati Langkat H Syah Afandin dan Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein saat berjabat tangan di SPN Polda Sumut (Foto: Humas Polres Langkat)

Selain itu, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SIK SH MH, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, unsur Forkopimda Kabupaten Langkat, Kepala Lapas Narkotika Hinai, Lapas Tanjung Pura, unsur Forkopincam Kecamatan Hinai, Danyon Marinir 8 Marinir diwakili oleh Lettu Mar Roni Sirait, mewakili Dandim 0203 Langkat Danramil 09 Hinai Kapten Inf M. Ridwan, Ibu Ketua Bhayangkari SPN Hinai Polda Sumut, para Siswa Diktukba Polri Gelombang I TA. 2023 berjumlah 217 orang, Tomas, Toga dan Toda, para orang tua/keluarga Bintara Polri yang dilantik dan tamu dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, peraih akademik tertinggi sebagai Siswa Tanggap dengan nilai 81.95, Mental Kepribadian Tertinggi sebagai Siswa dengan nilai 76.52 maka kedua penghargaan ini diberikan kepada Rizki Leonardo Hasibuan Anak ke-3 dari 3 bersaudara anak dari Aiptu Bheston Hasibuan pekerjaan anggota Polri, nama Ibu Delina Br Sianturi yang sehari hari menjadi Ibu Rumah Tanggal asal pengiriman Polrestabes Medan.

Sementara kesehatan dan kesempatan tertinggi sebagai Siswa Trengginas dengan nilai 80.66 diberikan kepada Bagas Maulana Ihsan Anak ke-3 dari 3 bersaudara anak dari pasangan Balam Susianto yang pekerjaan Petani dan Ibu Srianum sebagai Ibu Rumah Tangga asal pengiriman Polrestabes Medan.

Anak Petani Sumut
Kapolda Sumut Irjen Panca bersama Ka. SPN Polda Sumut (Foto: Humas Polres Langkat)

Dalam amanat Inspektur upacara menyampaikan terima kasih kepada seluruh orang tua, khususnya Ka SPN Hinai dan jajarannya atas terlaksananya kegiatan ini.

“Upacara yang di selenggarakan pada hari ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2023,” kata Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak.

Dengan berakhirnya program pendidikan dan pembentukan ini, jelasnya, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara dan Tamtama sebanyak 9.098 Orang terdiri dari 8.458 Polisi Laki-Laki dan 640 orang Polisi Wanita dan jumlah tersebut terbagi dalam ke dalam 6.901 Bintara Polisi tugas umum, 499 Bintara Brimob, 100 Bintara Polair, 1.499 Tamtama Brimob dan 99 Tamtama Polair maka tentu ini menjadi kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal.

“Saya mengucapkan selamat kepada para Bintara dan Tamtama remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan dan pembentukan selama 5 bulan di lembaga pendidikan Polri dengan baik, dan menghantarkan saudara secara resmi pada hari ini dilantik menjadi anggota polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua dan Bhayangkara Dua,” tuturnya.

Anak Petani Sumut
Penandatanganan berita acara sumpah oleh Bintara Polri yang baru dilantik dan Inspeltur upacara (Foto: Humas Polres Langkat)

Mulai hari ini, sambung Irjen Panca, pada diri saudara-saudara telah melekat identitas dan kehormatan profesi tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara yang dituntut senantiasa harus diaktualisasikan dalam sikap, tutur kata dan perilaku hidup baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan sehingga menjadi contoh dan teladan masyarakat.

Kapolda Sumut mengucapkan juga kepada para orang tua atas keberhasilan Putra Putrinya menjadi Bintara dan Tamtama remaja Polri yang baru saja di lantik.

“Doa dan dukungan bapak/ibu sekalian merupakan dorongan spiritual yang akan terus menjadi bagian dari putra putri terbaik bapak/ibu dalam menjalankan tugas Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakkan hukum guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dan ini. Bukanlah akhir dari perjuangan saudara-saudara melainkan awal pengabdian nyata sebagai Insan Bhayangkara,” ujarnya.

Irjen Panca mengatakan tugas Polri ke depan akan semakin berat dan kompleks kondisi ini dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis yang sangat pesat, isu global, Iptek serta dinamika Politik menjelang Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 yang tahapannya sudah dimulai di Tahun 2023 ini. (Arda)

- Advertisement -

Berita Terkini