IHSG Lanjutkan Tren Buruk di Pekan Ini, Rupiah Menguat dan Emas Masih Bersinar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Bank Sentral AS atau The FED yang tetap akan menaikkan bunga acuan, meskipun ditentang oleh kalangan politisi dan masyarakat di AS. Pernyataan tersebut membuat investor di pasar keuangan global resah. Bahkan skenario terburuk kenaikan bunga acuan Bank Sentral AS bisa parkir di angka 6% untuk waktu yang sangat lama kian mencuat.

“Bagi IHSG, rencana The FED tersebut tentunya kian menegaskan bahwa kenaikan bunga acuan di tanah air masih akan berlanjut nantinya. Kenaikan bunga acuan tersebut akan membuat biaya modal emiten yang melantai di bursa maupun perusahaan pada umumnya meningkat. Ditambah lagi, IMF terus memotong perkiraan pertumbuhan ekonomi di banyak Negara, dan menegaskan bahwa resesi bagi sepertiga Negara di dunia ini akan terjadi,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (11/1/2023).

Benjamin mengatakan, guncangan ekonomi dalam bentuk resesi atau perlambatan ekonomi tentunya kian mempertegas bahwa akan ada banyak emiten yang kinerjanya bermasalah. IHSG sendiri selama sepekan ini mencatatkan penurunan beruntun selama tiga hari berturut-turut. Pada hari ini IHSG melemah 0.57% di level 6.584,45.

“IHSG masih tertahan oleh level support 6.568 yang sejauh ini masih mampu menjadi bumper. Namun, resesi global yang dipastikan akan terjadi di tahun ini, tentunya menyisahkan kemungkinan buruk bahwa pasar saham berpeluang untuk melanjutkan terkoreksi. Tidak mungkin mengharapkan IHSG bertahan, sementara emiten yang didalamnya justru kinerjanya tertekan,” kata Benjamin.

Benjamin menambahkan, sehingga wajar pasar saham mengalami tekanan di tengah ancaman resesi saat ini. Meskipun IHSG terkesan bergerak anomaly dibandingkan dengan bursa di asia. Namun anomali pada IHSG juga sempat terjadi (2022) manakala tekanan bursa di regional asia begitu besar, namuan IHSG justru masih mampu bertahan di zona hijau.

“Sangat jauh berbeda dengan IHSG, kinerja mata uang rupiah belakangan ini justru mengalami penguatan. Disesi perdagangan sore, Rupiah bahkan mampu menembus level psikologis 15.500 dan diperdagangan dikisaran 15.480 per US Dolarnya. Pelemahan USD Index yang mendekati level 103 menjadi salah satu pemicunya,” jelas Benjamin.

Benjamin menjelaskan berarti mata uang US Dolar mengalami tekanan, dan hal ini menjadi katalis bagi penguatan harga emas. Dimana harga emas pada pekan ini juga mengalami penguatan. Saat ini harga emas sudah bertengger dikisaran angka $1.883 per ons troy. Meskipun penguatan rupiah mengurangi dampak dari kenaikan harga emas dunia. Jika dirupiahkan harga emas saat ini dijual dikisaran 940 ribu per gramnya.

- Advertisement -

Berita Terkini