Fara Dorong Pemkab Pamekasan Subsidi Para Peternak di Masa Covid-19

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pamekasan – Di masa pandemi Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur wajib membuat alternatif untuk memulihkan ekonomi rakyat, dalam berbagai sektor ekonomi.

Sebab dampak Covid-19 dinilai oleh Forum Aspirasi Rakyat Madura (Fara) mampu memporak-porandakan berbagai sektor salah satunya sektor peternakan.

Kata Fara melalui Ketua Umum, Abdur Rahman, guna perkuat pemulihan ekonomi akibat terdampak Covid-19, yang paling penting ialah memberikan subsidi kepada para peternak, diantaranya para peternak ikan, ayam, kambing, sapi dan lain-lain.

“Karena selain memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga, para peternak merupakan pahlawan untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok makanan, yang lazimnya terbuat dari ikan untuk kebutuhan konsumen sehari-harinya,” kata Arman sapaan akrabnya kepada Reporter MudaNewscom melalui pesan Via Whatsapp, Selasa (20/07/2021).

Sambung Arman Mahasiswa Pascasarjana Ekonomi Syariah IAIN Madura itu, menurutnya di tengah pandemi Covid-19 peternakan merupakan solusi untuk menambah imun tubuh dari hasil ternak seperti yang dibuat makanan pokok, selain beras pertanian.

Mahasiswa Pascasarjana sekaligus pemuda asal Palengaan itu berharap kepada Pemkab Pamekasan untuk segera mensubsidi para peternak ikan, kambing, sapi agar pencepatan bagi para usaha peternak yang terdampak Covid-19.

Arman menilai bahwa dalam analisanya jika para peternak di subsidi (diberi bantuan) maka masyarakat terutama peternak di Kabupaten Pamekasan akan makmur dan sejahtera.

“Karena selama ini Pamekasan tidak seperti daerah Jawa yang masih kurang memiliki sumber penghasilan dari peternakan,” ujar Arman.

Arman berharap kepada Pemkab Pamekasan terutama DPRD Pamekasan untuk segera membuat Rencana Anggaran khusus peternakan kambing.

Karena, kata dia, selama ini anggaran peternakan adanya cuman sapi ayam dan ikan (tidak ada anggaran untuk kambing).

“Kenapa harus fokus ke Kambing, karena selain Mengembala kambing itu Sunaturrosulullah disitu ada potensi ekonomi yang sangat baik,” tandas Arman.

Fara mendesak agar DPRD kabupaten Pamekasan untuk segera buat rencana anggaran untuk peternak dan dilimpahkan ke dinas peternakan untuk membina para peternak, dan membuat peternak baru di Kabupaten Pamekasan.

(Hanafi)

- Advertisement -

Berita Terkini