DPRD Desak APH Bertindak Cepat dan Tegas Atasi Begal

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, MEDAN – Keresahan masyarakat kota Medan akhir-akhir ini memuncak karena permasalahan begal di kota Medan tidak kunjung selesai dengan solusi yang konkrit. Sepertinya begal ini Sudah menjadi kejahatan sistemik yang terstruktur dan masif.

“Sampai kemarin juga masih ada yang seorang Ibu yang menjadi korban begal di kawasan Asia Mega Mas ini sangat meresahkan masyarakat,” ujar Meryl Saragih, Anggota Komisi A DPRD Sumatera Utara, Selasa (11/7/2023).

Beberapa hari yang lalu Wali Kota Medan Bobby Nasution juga sudah dengan menyampaikan agar pelaku kejahatan begal ini ditindak tegas di tempat agar menjadi atensi Kapolrestabes Medan karena permasalahan ini sudah berlarut terjadi.

“Kami di DPRD Sumut saat ini juga sedang menggodok Ranperda tentang Ketentraman Umum dan Ketertiban Masyarakat, usulan perda ini juga kami prioritaskan melihat situasi dan kondisi di kota Medan dan Sumatera Utara yang kian hari meresahkan. Kita punya peran masing-masing, kalau kami di DPRD ini bersama dengan pemerintah menciptakan produk hukum sebagai payung hukum yang melindungi masyarakat tapi untuk fungsi penegasan ini kan ranahnya Aparat Penegak Hukum yang harus berani dan tegas untuk membasmi begal ini,” ucapnya.

Anggota DPRD Sumut Fraksi PDI Perjuangan Dapil kota Medan ini menyampaikan bahwa Negara harus hadir di tengah-tengah masyakarat dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Kita bisa aktifkan kembali siskamling di masing-masing lingkungan bekerjasama dengan Satpol PP, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Selain itu Polrestabes juga Usut tuntas mengenai kejahatan begal ini dan oknum-oknum dibelakangnya, apakah ada komplotan yang teroganisir? Ini juga harus ditelusuri sampai ke akar-akarnya. Kebanyakan karena begal ini terindikasi menggunakan narkoba, faktor ekonomi dan juga aktualisasi diri yang salah,” katanya.

“Kapolres harus berani tegas kalau tidak bisa juga saya minta Kapolri untuk mengevaluasi kinerja Kapolres Medan supaya menempatkan orang yang benar-benar berani dengan tegas ini membasmi begal supaya tercipta Medan yang aman dan kondusif,” tutupnya. (Red)

- Advertisement -

Berita Terkini