Dosen Universitas Quality (UQ) Lakukan Kolaborasi pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Syarif Hussein Sirait selaku ketua TIM Pelaksana adalah dosen Universitas Quality (UQ) berkolaborasi dengan Juan Randy Simamora dosen dari Universitas Quality Berasitagi (UQB) dalam melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada salah satu kelompok wirausahaan Medan tepatnya di Kelurahan Tangkahan Medan.

Tim terdiri dari Syarif Hussein Sirait sebagai Ketua Tim Pelaksana PKM yang juga dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Quality, Juan Randy Simamora dosen Universitas Quality Berastagi, Jenni Situmorang dan Mario Matondang masing masing mahasiswa Prodi PGSD FKIP Universitas Quality.

Dimulai dengan sosialisasi dosen-dosen kepada mitra kegiatan yang dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2022.

“Mitra kita adalah sekelompok ibu-ibu yang merintis usaha dagangan pizza teflon dan kita berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan proses produksi,” ujar Syarif kepada Jurnalis, Kamis (23/9/2022).

Setelah melakukan sosialisasi tim menemukan bahwa mitra memiliki permasalahan keterbatasan dalam memproduksi Pizza karena keterbatas alat.

Dalam produksi mitra masih menggunakan alat roll penggiling adonan untuk memipihkan adonan yang memerlukan waktu yang cukup lama dalam penggunaannya. Sehingga berdasarkan temuan ini tim pengabdi menawarkan solusi dengan membuatkan alat pemipih Pizza kepada mitra.

Dimulai dari tim dosen mendesain alat pemipih adonan Pizza untuk membantu produksi Pizza dan memperbanyak jumlah Pizza yang dapat dihasilkan. Setelah desain alat selesai kemudian tim dosen membuat alat lalu menguji cobanya.

Syarif menjelaskan proses desain alat, pengujian alat dan pendampingan kepada kelompok wirausahaan telah selesai pada pertengahan bulan September 2022,

Selama kegiatan pendampingan dan uji coba alat mitra terlihat sangat antusias karena kegiatan berdampak positif mampu meningkatkan produksi Pizza.

Syarif bersama dengan Juan menambahkan dampak dari kegiatan pendampingan dan menggunakan alat buatan tim dosen ternyata berhasil dan mampu meningkatkan produksi Pizza dari yang biasanya 12 kotak menjadi 20 hingga 25 kotak perhari dan ini menjadi keberhasilan pendampingan kegiatan.

“Semua mitra sangat puas dengan adanya alat bantu produksi yang dibuat tim, ” ujar syarif . Tim dosen berharap mitra dapat memanfaatkan alat yang dibuat dosen dan meningkatkan penjualan usaha Pizza.

Tim Pengabdian mengucapkan terima kasih atas dukungan dana dari DRTPM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat dilakukan dan membantu menyelesaikan permasalahan usaha mitra. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini